Ada Literasi Tambang Nikel di Perpus Lutim

Daerah40 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Kontribusi terbesar Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Luwu Timur berasal dari pertambangan Nikel PT Vale Indonesia. Namun telah beroperasi sekitar 50 tahun lebih, namun tidak semua masyarakat mengetahui sejarah PT Vale berada di Kabupaten Luwu Timur. Termasuk pengelolaan biji nikel.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Luwu Timur, Satri mengatakan, “Sekarang masyarakat khususnya masyarakat Luwu Timur jika ingin mengetahui sejarah tambang nikel di Luwu Timur silakan berkunjung di Perpustakaan Kabupaten Luwu Timur. Ada Vale Corner. Semua informasi terkait sejarah, jenis biji nikel, hingga pengelolaanya ada di sini,” jelas Satri.

Menurutnya, Vale Corner di perpustakaan Luwu Timur saat ini masih dalam proses melengkapi semua kebutuhan informasi tentang pertambangan nikel PT Vale.

Ada Literasi Tambang Nikel di Perpus Lutim

“Masih dalam proses pelengkapan data informasi terkait. Rak bukunya masih banyak yang kosong. Kami juga butuh TV sebagai media informasi digital. Dan nanti kami minta kepada PT Vale agar memberi pelatihan kepada staf kami untuk disiapkan sebagai salahsatu staf yang bertugas di ruangan yang telah kami siapkan khusus untuk Vale Corrner. Jadi kalau ada tamu atau pengunjung di Vale Corner itulah staf kami nantinya yang akan bertugas menjelaskan tentang segala data informasi tentang PT Vale yang ada di Vale Corrner,” jelasnya.

Satri juga mengatakan Vale Corner adalah literasi pertambangan PT Vale  di Luwu Timur. Sebagai Mayarakat Luwu Timur alangkah baiknya mengetahui tentang tambang PT Vale termasuk Nikel yang dikelola oleh PT Vale. (RM)