Ini Solusi dari Kepala DPKP Lutim Atasi Peternak Ayam di Desa Balaikembang

Daerah33 views

Penalutim.com, Malili – Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Luwu Timur, (Lutim) Amrullah memberikan soslusi terbaik bagi para pengusaha peternak ayam yang berada di Desa Balaikembang, Kecamatan Mangkutana, Kabupaten Lutim.

“Kami memberikan solusi ini agar kedua bela pihak sama-sama merasa nyama, relokasi adalah jalan yang terbaik kalau memang disetujui oleh pihak peternak maka kami akan bantu prosesnya, namun jika tidak menerima solusi relokasi maka kami akan serahkan penanganannya ke pihak Satpol PP,” ungkap Amrullah kepada Penalutim, Kamis (16/5/2024) di ruang kerjanya.

Amrullah mengatakan, relokasi tempat yang ditawarkan dilihat dari kondisi kesehatan ternak dan ekonominya, untuk menentukan berapa radius jarak kandang dan pemukiman warga, yang tidak mengganggu kenyamanan warga sekitar terutama dari bau kotoran ternak yang ada.

Di desa Balaikembang, ada ratusan kandang peternakan ayam dan ratusan jumlahnya, sehingga perlu dilakukan relokasi tempat.

Sedangkan terkait izin peternakan, pihaknya tidak memiliki kewenangan, sehingga tidak bisa berbuat apa-apa selain memberikan selusi tersebut.

DPKP hanya memiliki tugas dan fungsi untuk membina dan meberikan pemahaman bagaiman tata cara beternak yang baik, serta bagaimana tata cara penggunaan penyemprotan insektisida pada limba kandang.

Amrullah berharap dengan solusi yang ditawarkan, semoga dapat diterimah oleh para pengusaha ternak ayam. Sehingga, aktifitas perekonomian di bidang peternakan dapat berjalan dengan aman dan lancar tanpa merugikan satu dengan yang lainnya. (Srd)