Project Pipa Minyak PT Vale, Kades Balambano Bantah Pengakuan PT Vale Sudah Melakukan Sosialisasi

Daerah167 views

Penalutim.com, Balambano – External Relationship PT Vale, Abd.Rauf Dewang mengaku telah melakukan kordinasi dan sosialiasi bersama pemerintah Desa Balambano terkait projek pemindahan pipa minyak PT Vale, Kamis (17/5/2024).

Rauf mengirimkan foto kepada Penalutim yang diklaim sebagai dokumentasi bukti bahwa pihak PT Vale, melalui dirinya telah melakukan sosiliasi bersama pemerintah Desa Balambano. Nampak dalam foto tersebut. Abd. Rauf Dewang, 1 personil TNI dan Kepala Desa Balambano, Muhamat Ronal.

Saat ditanya kenapa tidak melibatkan kepala Dusun dan masyarakat Balambano?
Rauf mengatakan “Ranahnya Kepala Desa itu selaku pejabat pemerintah desa yang dipilih warganya dan mempunyai wewenang, tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan pembangunan desa, pengembangan masyarakat desa, pemberdayaan masyarakat desa dan melaksanakan tugas sebagai pemerintah dalam menjembatani aspirasi masyarakat demi kepentingan bersama,” Ucap Rauf

Rauf tidak menjawab saat ditanyakan kapan sosilisasi itu dilaksanakan, siapa saja yang hadir dan ada kah berita acara yang dibuat?

Menanggapi hal ini. Kepala desa Balambano bantah pengakuan Rauf yang mengaku suda melakukan sosialisasi.

“Itu foto bukan soal koordinasi projek pipa minyak PT Vale. Tetapi, foto itu saat mereka datang dan permasalakan salah satu warga saya atas nama Pak, Jumra bangun bangunan baru di lahannya tapi diatas pipa minyak PT Vale,” Bantah Kepala Desa Balambano.

Ronal mengakui saat itu dirinya diminta untuk turun ke masyarakat tersebut. Akan tetapi dirinya tidak berkenan.

“Iya, saya diminta turun tetapi saya tidak turun,, masa orang mau membangun ditanahx dihalangi,, apalagi masyarakat balambano belum ada yang menerima kompensasi sedangkan tempat lain udah di bayar,” ucap Ronal (RM)