Pipa Minyak PT Vale di Lahan Warga, PT Vale Larang Warga Membangun dana Konpensasi Tidak Diberikan

Daerah177 views

Penalutim.com, Balambano – Pipa Minyak PT Vale yang berada di lahan warga membuat resah masyarakat Balambano. Pasalnya, Masyarakat dilarang membangun di lahan miliknya. PT Vale tidak memberikan konpensasi.

Berdasarkan informasi yang diterima Penalutim. Kabarnya, PT Vale telah menyalurkan dana konpensasi pipa minyak kepada sejumlah warga yang lahannya ada Pipa Minyak PT Vale. Sementara masyarakat di wilayah desa Balambano tidak diberikan.

Potret Pipa Minyak PT Vale di Bawah Rumah Warga Balambano
Potret Pipa Minyak PT Vale di Bawah Rumah Warga Balambano

Hal ini diungkapkan Kepala Desa Balambano, Muhamat Ronal kepada Penalutim.

“Iya, saya diminta turun tetapi saya tidak turun. Masa orang mau membangun di tanahnya dihalangi. Apalagi, masyarakat Balambano belum ada yang menerima kompensasi sedangkan tempat lain sudah dibayar,” ungkap Ronal, Jumat (17/5/2024).

Potret Pipa Minyak PT Vale di Depan Pagar SD Balambano
Potret Pipa Minyak PT Vale di Depan Pagar SD Balambano

Berdasarkan Pantauan Penalutim. Kejadian ini di Dusun Balambano, Desa Balambano, Kecamatan Wasuponda yang terjadi beberapa waktu lalu.

Salah satu masyarakat Balambano yang suda puluhan tahun berdomisili di Dusun Balambano membangun nampak seperti tempat jualan. Bangunan ini berada di atas Pipa minyak PT Vale.

Potret Pipa Minyak PT Vale di Depan rumah Warga Balambano
Potret Pipa Minyak PT Vale di Depan rumah Warga Balambano

Pipa Minyak PT Vale berada di sekitaran rumah Masyarakat Balambano bukan hanya satu rumah. Melainkan puluhan rumah dan sekian hektar lahan kebun masyarakat Balambano. Bahkan ada juga di depan pagar Sekolah Dasar (SD) Balambano dan tepat di dinding banguan Posyandu di Dusun Balambano.

Aspirasi masyarakat Balambano terkait konpensasi Pipa minyak PT Vale ini suda lama dan berulang kali diaspirasikan. Namun hingga saat ini belum ada titik terang.

Kabarnya, Pipa minyak yang berada di wilayah pemukiman masyarakat Balambano akan dipindahkan ketempat lain dan masih dalam pemukiman masyarakat Balambano. Saat ini pihak PT Vale melalui vendor Nasionalnya (PT Truba) telah melakukan survei lokasi pemindahan Pipa Minyak PT Vale tersebut.

Potret Pipa Minyak PT Vale di Dinding Bangunan Posyandu Balambano
Potret Pipa Minyak PT Vale di Dinding Bangunan Posyandu Balambano (Bangunan Posyandu ini dibangun Oleh PT Vale melalui Dana CSR)

Saat melakukan pekerjaan tersebut. Vendor Nasional PT Vale ditegur oleh salah satu tokoh masyarakat Balambano karena tidak melakukan sosialisasi bersama pemerintah Desa dan masyarakat Balambano.

Potret Pipa Minyak PT Vale di Depan Rumah Warga Balambano
Potret Pipa Minyak PT Vale di Depan Rumah Warga Balambano

“Kami berharap pekerjaan ini untuk sementara dihentikan dan Pemdes Balambano dan PT Vale lakukan sosialisasi bersama masyarakat terkait pekerjaan pemindahan Pipa minyak PT Vale,” pinta salah satu tokoh masyarakat Balambano.

Penalutim telah melakukan konfirmasi kepada pihak PT Vale terkait persoalan ini. Namun, hingga berita ini diwartakan. Belum ada jawaban dari pihak PT Vale.