Wakil Bupati Luwu Timur Apresiasi Petugas Kebersihan

Daerah47 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Sampah yang bersarahkan disembarang tempat akan menimbulkan ketidak nyamanan bagi masyarakat. Selain merusak keindahan lingkungan juga akan menimbulan masalah serius.

Menurut World Health Organization (WHO) Sampah adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang dibuang yang berasal dari kegiatan manusia dan tidak terjadi dengan sendirinya.

Sementara, menurut Undang-Undang Pengelolaan Sampah Nomor 8 tahun 2008. “Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat atau semi padat berupa zat organik atau anorganik bersifat dapat terurai atau tidak dapat terurai yang dianggap sudah tidak berguna lagi dan dibuang ke lingkungan,”dilansir dari Kompas.com, Kamis (19/4/2024).

Adanya dan Meningkatnya jumlah sampah diakibatkan oleh aktivitas manusia yang semakin banyak. Masalah inilah yang sering terjadi di berbagai wilayah, baik wilayah permukiman, perkotaan, pedesaan, maupun perindustrian.

Jika sampah tidak ditangani dengan benar, maka dapat menimbulkan masalah yang serius bagi lingkungan dan manusia itu sendiri.

Hal inilah yang menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten Luwu Timur. Sehingga  sampah yang berserahkan di daerah yang dikenal wilayah pertambangan Nikel ini dapat teratasi.

Wakil Bupati Luwu Timur, Andi Akbar Leluasa mengatakan desa Puncak Indah, Kecamatan Malili yang berada di wilayah perkotaan Kabupaten Luwu Timur selalu terapload sampah berserahkan.

“Masalah sampah di Puncak Indah selalu terupload sampah berserakan.  Jadi, harapan kedepannya tidak  ada lagi sampah yang berserakan dan puncak indah bebas sampah,”kata Akbar dalam sambutannya di acara Launching Pengelolaan Sampah Desa serta serah terima Mobil Pengangkut sampah prorgam PPM-dukungan SDGs Desa PT Vale Indonesia Tbk, Kamis, di Desa Puncak Indah (18/4/2024).

Akbar juga tak lupa mengapresiasi petugas kebersihan yang telah bekerja keras membersihkan di lingkup desa Puncak Indah.

“Kami mengapresiasi petugas kebersihan,”kata Akbar

Sementara itu kepala Desa Puncak Indah, Muhammad Cakir berharap agar pengelolaan sampah kedepannya jauh lebih baik lagi.

“Berterimkasih kepada PT Vale Indonesia Tbk, Atas bantuan yang diberikan ke Desa Puncak Indah.  Semoga kedepannya jauh lebih baik lagi dalam hal pengelolaan sampah. Karena desa kita adalah salah satu contoh, Karena berada di Ibu Kota Kabupaten Luwu Timur,”kata Kades puncak Indah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Malili, Kapolsek Malili, AKP Eli Kendek, sejumlah perangkat desa dan petugas kebersihan. (RM)