Pawai Mobil Meriahkan Lomba Takbir Keliling di Kecamatan Malili

Daerah13 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Dalam semangat kebersamaan dan rasa syukur menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menggelar Lomba Takbir Keliling yang dimeriahkan dengan pawai mobil antar desa se-Kecamatan Malili.

Acara yang meriah ini tidak hanya menjadi ajang untuk mengungkapkan kegembiraan menyambut datangnya hari kemenangan, tetapi juga menjadi momentum mempererat tali persaudaraan di antara masyarakat.

Adapun peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 17 peserta, yang terdiri dari 15 desa, 1 kelurahan, dan ditambah 1 peserta dari Kejaksaan Negeri Malili, dengan mengambil start di Bundaran Batara Guru kemudian mengelilingi pusat Kota Malili sebelum Finish di Anjungan Sungai Malili.

Lomba Takbir Keliling pun resmi dilepas oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama unsur Forkopimda Lutim, dan Wakil Bupati Luwu Timur, Moch. Akbar A. Leluasa, di Bundaran Batara Guru, Desa Puncak Indah, Malili, Selasa (09/04/2024).

Turut hadir Sekda Lutim, H. Bahri Suli, Kakan Kemenag Lutim, para Kepala OPD, Camat Malili, para Kepala Desa, dan masyarakat sekitar yang ingin menyaksikan malam takbiran.

Bupati Luwu Timur mengungkapkan bahwa ini merupakan wujud rasa syukur kita bisa melaksanakan takbir keliling setelah di tahun-tahun sebelumnya ada covid19 dan hanya bisa melaksanakan festival bedug di Anjungan Sungai Malili.

Berkat beberapa saran yang masuk, dan pandemi sudah tidak ada, kemudian kehidupan kita juga sudah kondusif. “Untuk itu, terima kasih banyak TNI Polri yang membuat situasi Luwu Timur kondusif sehingga malam ini pun berkewajiban kita semua untuk menjaga daerah ini sehingga ketentraman dan ketertiban bisa dirasakan,” tambahnya.

Terkait rute takbir keliling, Bupati mengungkapkan bahwa ini merupakan rute baru sekaligus agar bisa melihat-lihat infrastruktur yang baru, dan sebagai icon Malili ada sungainya, sehingga tetap akan melewatinya.

“Bagi masyarakat tentu ini sebuah kegembiraan sambil bertakbir dan bertahmid mengelilingi Kota Malili dan ini juga terlaksana di seluruh kabupaten ini,” bebernya.

“Mudah-mudahan menjadi keberkahan bagi kita semua, dan tentu himbauan agar tetap menjaga ketertiban berlalu lintas, dan semoga tidak ada insiden, Aamiin,” pungkas Budiman.

Pada pawai takbir keliling ini, setiap mobil yang berpartisipasi dipenuhi dengan warga yang tak henti-hentinya melantunkan takbir dan ucapan syukur, sambil memamerkan keindahan hiasan dan kreativitas yang diusung oleh masing-masing peserta.

Para peserta melintasi jalan utama dan sudut kota yang telah ditentukan oleh panitia, menyebarkan kebahagiaan dan semangat persatuan di sepanjang perjalanan. Warga yang menyaksikan pun turut memeriahkan acara dengan memberikan sambutan hangat, menyemangati peserta, dan tidak lupa ikut serta dalam meneriakkan takbir yang menggetarkan jiwa. (Rhj/Kominfo)