Bupati Budiman Hadiri Sosialisasi Penyelenggaraan Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024

Pena Politik11 views

Penalutim.com, Makassar – Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang dijadwalkan pada November 2024 mendatang, Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama seluruh Bupati/Walikota se Sulawesi Selatan serta unsur terkait lainnya menghadiri Sosialisasi Penyelenggaraan Tahapan Pilkada Serentak di Sulawesi Selatan (Sulsel) Tahun 2024, Sabtu (18/05/24).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sulsel, Muhammad Rasyid yang mewakili Pj. Gubernur Sulsel, para unsur Forkopimda Sulsel, perwakilan Kepala Badan Intelejen Sulsel, perwakilan Panglima Komando Operasi Udara II, perwakilan Komandan Lantamal VI Makassar, Ketua KPU Sulsel, Hasbullah, Ketua Bawaslu Sulsel, Mardian Rusli serta undangan lainnya.

Sosialisasi yang berlangsung di Ballroom Sandeq A, Hotel Claro Makassar dibuka oleh Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri, Dr. Yusharto Huntoyungo.

Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri, Dr. Yusharto Huntoyungo mengatakan, sosialisasi yang dilakukan ini untuk menyamakan persepsi dan langkah-langkah strategis dalam rangka mempersiapkan dan memastikan penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2024 sukses, lancar, dan kondusif mulai dari pemungutan suara, perhitungan suara bahkan hingga pelantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih nanti.

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa, sosialisasi ini tidak hanya membahas tentang prinsip penyelenggaraan Pemilukada yang berintegritas, tetapi juga fokus pada langkah-langkah krusial lainnya.

“Salah satu agenda utama adalah pembahasan terkait Peran Pemerintah Daerah serta dukungan pihak keamanan dalam Pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024,” tambahnya.

Selain itu, dalam sosialisasi juga membahas persiapan teknis dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kelancaran penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024.

“Mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi ini, berbagai hambatan dan tantangan dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 dapat kita atasi bersama dan pada gilirannya kita akan mendapatkan pemimpin daerah yang bijaksana dalam penyelengaraan pemerintahan daerah” ucap Dr. Yusharto Huntoyungo.

Dalam sosialisasi ini, masing-masing pihak terkait memaparkan kesiapan dan langkah-langkah yang telah dilakukan, serta mengidentifikasi potensi kendala dan solusi yang diperlukan.

Sementara Bupati Luwu Timur, H. Budiman usai menghadiri acara tersebut menyambut baik atas arahan yang disampaikan Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri, Dr. Yusharto Huntoyungo.

Ia menegaskan pentingnya menyelenggarakan tahapan pilkada dengan penuh integritas dan transparansi. Hal ini menjadi komitmen bersama untuk mewujudkan pesta demokrasi yang berkualitas dan bermartabat.

“Pemerintah Kabupaten Luwu Timur siap menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024,” tegas H. Budiman.

Dirinya juga menegaskan komitmennya untuk memastikan bahwa proses penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Luwu Timur berjalan Luber, Jurdil sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Olehnya itu, Ia mengajak seluruh pihak terkait untuk bekerja sama secara sinergis dan bahu membahu menyukseskan pesta demokrasi ini.

“Dengan terjalin komunikasi dan kolaborasi yang solid antar semua pihak serta semangat gotong royong dan komitmen bersama, Pilkada 2024 di Luwu Timur diyakini akan terlaksana dengan sukses dan menghasilkan pemimpin yang amanah dan berintegritas,” ucap Bupati.

Pada acara sosialisasi tersebut turut hadir bersama Bupati, Kapolres Luwu Timur AKBP. Zulkarnain, Wakil Ketua II DPRD Luwu Timur, H. Usman Sadik, Sekda Luwu Timur, H. Bahri Suli, Kaban Kesbangpol, Guntur Hafid, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Oksen Bija, Ketua KPUD Luwu Timur, Irfan Lahabu, Ketua Bawaslu Luwu Timur, Pawennari dan Kabag Pemerintahan Setdakab Luwu Timur, Andi Muh. Reza. (Op/Kominfo)