by

Bupati Lutim Lepas Peserta Diklat Pelaut

2017-04-18-13-23-34-645x350

Luwu Timur, Penalutim.com – Bupati Luwu Timur, Thorig Husler melepas sebanyak 60 peserta pendidikan dan pelatihan (Diklat) pemberdayaan masyarakat kerjasama Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar di Aula Rumah Jabatan Bupati, Selasa (18/04).

Kasi Kepelabuhanan dan Keselamatan Angkutan Laut Dinas Perhubungan Luwu Timur, Usman Junaedi mengatakan 60 peserta akan dibagi dalam dua gelombang.

Gelombang pertama sebanyak 30 orang yang akan berangkat hari ini. Dan selanjutnya gelombang ke dua dijadwalkan berangkat 7 Juni 2017.

“Peserta akan di karantina dan mengikuti proses diklat selama 15 hari lamanya di kampus PIP Makassar” kata Usman.

Usman juga mengatakan, para peserta yang lulus dalam diklat ini akan mendapatkan tiga sertifikat masing-masing Basic Safety Training (BST), Security Awareness Training (SAT) dan Advance Fire Fighting (AFF) beserta satu buku pelaut atau Seamen Book.

Menurutnya, alokasi peserta diklat untuk Luwu Timur mencapai 150 orang yang dibagi menjadi lima gelombang. Namun untuk saat ini jumlah peserta yang mengambil formulir sebanyak 106 orang dan yang sudah mengembalikan dan memenuhi persyaratan sebanyak 83 orang.

Sementara itu, Bupati Luwu Timur, Thorig Husler mengatakan program diklat ini bagian dari mensukseskan program pemerintah Nawa Cita butir ke 5, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan untuk bekerja di Kapal.

“Program diklat ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dan skill SDM untuk bekerja di bagian pelabuhan atau perkapalan” kata Husler.

Program diklat tersebut, kata Husler sangat penting bagi masyarakat Luwu Timur. Apalagi ditunjang dengan panjang garis pantai mencapai 119 km, akses pelabuhan dan penyeberangan yang rutin dengan kapal di danau sangat membutuhkan tenaga-tenaga muda yang memiliki keterampilan yang memadai.

Editor : Redaksi

Foto    : Humas

Comment

News Feed