5 Catatan Fraksi PAN Terhadap LKPJ Bupati, Ada Penganguran dan Dampak Lingkungan

Pena Politik33 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Sebelum menyampaikan masukan terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Luwu Timur Tahun Anggaran 2023. Fraksi PAN menilai bahwa pelaksanaan Program-Program ditahun sebelumnya memberikan beberapa penghargaan yang diterima dalam bentuk prestasi baik di tingkat provensi maupun nasional, hal ini patut diberi apresiasi bersama, sempurnanya sebuahprogram tentu memiliki kekurangan dan diperlukan penyempurnaan kedepan.

Setalah itu Fraksi PAN menyampaikan pandangannya terhadap  LKPJ Bupati Luwu Timur Tahun Anggaran 2023 pada sidang paripurna, Selasa (16/4/2024) di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Luwu Timur.

Dalam pandangannya, Fraksi PAN berharap agar pembahasan Laporan keterangan PertanggungJawaban (LKPJ) Bupati Luwu Timur Tahun Anggaran 2023 , benar-benar dapat dilakukan secara cermat , sistimatis dan terukur sehingga menghasilkan gambaran atau sebuah keputusan yang berisi catatan serta rekomendasi yang konstruktif dan efektif bagi peningkatan mutu dan kualitas penyelanggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat dimasa akan datang.

Selain itu,  Fraksi PAN membrikan lima masukan kepada  Bupati Luwu Timur.

  1. Fraksi PAN menilai tingkat pengangguran yang mengalami kenaikan sebesar 5,42 % menjadi isu yang paling penting sehingga pemerintah daerah diharapkan melakukan upaya strategis dalam mengatasi kondisi ketenagakerjaan . Program pelatihan dalam rangka peningkatan kapasitas SDM perlu diprioritaskan. Di mana seperti kita ketahui bahwa sektor pertambangan kedepan menjadi primadona di Bumi batara Guru sehingga pentingnya menyiapkan kesiapan SDM Lokal yang terampil dan berdaya saing.
  2. Terkait meningkatnya proses Investasi disektor pertambangan pentingnya peranan pemerintah daerah untuk meningkatkan pengawasan potensi dampak lingkungan yang terjadi seperti kegiatan Operasi PT.CLM dan PT PUL dan lain-lainya ,
  3. Fraksi PAN mengingatkan juga tentang pemenuhan air bersih yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat , hal ini mendapatkan sorotan yang serius oleh seluruh kalangan masyarakat baik yang ada diperkotaan maupun yang ada dipedesaan , semua merindukan tersedianya air bersih. Demikian pula dengan kondisi sungai Malili yang makin hari makin memprihatinkan , kondisi ini mencerminkan ekosistem lingkungan kita mulai rusak dan membutuhkan sinergitas semua pihak untuk memperbaiki itu.
  4. Fraksi PAN mendorong pemerintah daerah untuk memberi alokasi anggaran disektor perikanan dan pertanian mengingat sector ini adalah potensi besar setelah pertambangan yang mayoritas
    masyrakat kita bergerak disektor ini untuk meningkatkan laju PDRB dan mengentaskan kemiskinan.
  5. Fraksi PAN juga mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan potensi UMKM daerah agar dapat berdaya saing diera ini , Tentu ini membutuhkan kolaborasi pemerintah daerah
    dalam memperkuat partisipasi UMKM dan potensi pasar.

Setelah memberikan 5 masukan kepada Bupati Luwu Timur. Fraksi PAN menyetujui untuk dibahas lebih lanjut.

“Demikian Pandangan Umum Fraksi PAN yang dapat kami sampaikan lebih dan kurangnya mohon dimaafkan , Fraksi PAN menyutujui untuk dibahas pada tingkat selanjutnya. atas segala perhatiannya kami ucapkan banyak terimakasih,” tutur Fraksi PAN dalam keterangan tertulisnya (Rm)