Diduga Mencemari Sumber Mata Air, DLH Lutim Tinjau Tumpukan Sampah di Burau

Sorot409 views

Penalutim.com. Luwu Timur – Berdasarkan informasi dari masyarakat terkait adanya pencemaran mata air yang digunakan warga di sekitar TPA Desa Asana Kec. Burau,  seperti dikutip dalam  akun Facebook Er R Sandi, Selasa (23/03/2021). Hari ini Kadis DLH turun meninjau lokasi pencemaran tersebut dan langsung mengadakan rapat koordinasi. (Rabu, 24/03/2021).

Diduga Mencemari Sumber Mata Air, DLH Lutim TinjauTumpukan Sampah di Burau

“Turut hadir dalam rapat koordinasi di alam terbuka tadi, Kades Asana beserta aparat desa dan BPD Asana, Sekcam Tomoni, dan Pak Ketut Kartika (perwakilan PT Palmerah Agrindo). PT Palmerah ini adalah perusahaan sawit yang lokasinya berdekatan dengan TPA Tomoni”, kata Kepala DLH kepada penalutim.com melalui pesan WhatsApp, Rabu (24/03/2021).

“Kesepakatan kami tadi, in syah Allah hari sabtu DLH akan menurunkan laboran untuk mengambil sampel air di mata air, di sungai yang disebut tercemar dan beberapa titik lain yang dianggap perlu. Untuk memvonis adanya pencemaran air atau tidak, tentu perlu pengujian zat yang terkandung dalam air. Selain itu juga untuk memastikan darimana sumber pencemar, apakah dari lindi sampah atau sumber lain. Kita tentu berharap mata air dan sungai terdekat tidak tercemar”, tulisnya.

Lanjut, tujuan lain dari rencana kunjungan lapangan sabtu nanti adalah ingin melihat, kemungkinan membuat semacam kolam resapan lindi sebagai antisipasi masuknya lindi ke mata air/sungai. Kalau mau melihat seperti kolam lindi itu, silahkan berkunjung ke TPA Ussu, terangnya.

Penulis : Hafid
Editor : Redaksi
Foto : DLH