PT Lycon, Kami Juga Butuh Kerja Kami Melamar, Kenapa Kami Tidak Diterima?

Daerah199 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Sejumlah Pemuda, Desa Balambano, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, melakukan upaya mencari keadilan agar pemberdayaan tenaga kerja juga ia bisa rasakan. Upaya ini dilakukan di depan pintu masuk PLTA 2 Balambano milik PT Vale, di Dusun Balambano, Senin (26/2/2024).

Salasatu Pemuda Balambano yang telah melamar kerja di PT Lycon Asia Mandiri namun entah alasan apa dirinya bersama rekannya  tidak diterima oleh PT Lycon, mengatakan,

PT Lycon

“Kami melakukan upaya ini agar pihak perusahan melihat kami, bahwa kami juga butuh kerja di daerah kami tinggal, lahir dan tumbuh besar. Kami berharap dengan upaya ini PT LYcon Asia Mandiri menerima kami juga sebagai karyawannya di lokasi kerja Balambano,”kata Heri kepada Penalutim.

Hal senada juga disampaikan oleh rekannya, Ismail. Ismail mengatakan, “Kami suda masukan lamaran kerja sebagai posisi helper . Tapi kami tidak diterima. Kenapa kami tidak diterima kerja?” ungkap Ismail.

BACA BERITA TERKAIT : Karena Ulah PT Lycon, FKMB Akan UNRAS Depan Pintu Masuk PLTA 2 PT Vale

Empat Pemuda Balambano yang melakukan upaya mencari keadilan ini dilakukan di depan Pintu Masuk PLTA 2 Balambano, dengan membawa dua kertas bertuliskan

“PT Lycon, Berikan Hak Kami, Kami juga butuh kerja. Terapkan Pemberdayaan tenaga kerja Seadil-adilnya juga kepada kami. PT Lycon, Kami Pemuda Balambano juga butuh kerja. Kami melamar. Tapi kenapa kami tidak diterima?”demikian pesan moral disampaikan oleh Pemuda Balambano yang tersirat dalam kertas yang diperlihatkan di hadapan pintu masuk PLTA 2 Balambano.

Berdasarkan pantauan Penalutim. Upaya yang dilakukan sejumlah Pemuda Balambano ini terlaksana tanpa adanya aksi penahanan mobil perusahaan. Hingga selesai terlaksana aman dan damai.

Menanggapi hal ini PM PT Lycon, Machmud Safei mendatangi langsung sejumlah pemuda Balambano tersebut. Terjadi dialog dan PM PT Lycon akan membicarakan persoalan ini di Management PT Lycon. Kabarnya, pada hari Selasa (27/2/2024) ia akan menyampaikan keputusan Managemen PT Lycon dalam menyikapi persolan ini. (RM)