Karena Ulah PT Lycon, FKMB Akan UNRAS Depan Pintu Masuk PLTA 2 PT Vale

Daerah1,242 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Forum Komunikasi Masyarakat Balambano (FKMB) kabarnya akan gelar aksi Unjuk Rasa di Depan Pintu Masuk PLTA 2 Balambano milik PT Vale, Senin (26/2/2024).

Aksi Unjuk Rasa (UNRAS) yang akan dilaksanakan ini sebagai salah satu bentuk protes keras terkait penerimaan Tenaga kerja yang dilakukan PT Lycon Asia Mandiri.

“Kami akan lakukan aksi sebagai salah satu bentuk protes keras kami kepada PT Lycon Asia Mandiri yang melakukan aktivitas kerja di Wilayah, Dusun Balambano, Desa Balambano, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur,” kata Ikbal Hamka, Ketua FKMB kepada Penalutim.

Menurut Ketua FKMB , PT Lycon Asia Mandiri telah melakukan penerimaan tenaga kerja tidak transparan dan tidak berkeadilan bagi masyarakat wilayah ring satu terdampak tambang PT Vale.

“Penerimaan tenaga kerjanya tidak transparan dan tidak berkeadilan bagi masyarakat sekitar wilayah proyek. Masyarakat Balambano khususnya wilayah Kecamatan Wasuponda adalah masyarakat yang berada di wilayah ring satu yang bersentuhan langsung dengan operasional PT Lycon. Tentu masyarakat sekitar yang diprioritaskan. Khususnya tenaga kerja non skil, seperti Helper,”Papar Ikbal.

Kami, lanjut Ikbal,  telah merekomendasikan sejumlah nama-nama lengkap dengan berkas lamaran kerja dari masyarakat wilayah Kecamatan Wasuponda, termasuk Desa Balambano. Akan tetapi PT Lycon lebih memilih menerima tenaga kerja dari luar wilayah pemberdayaan PT Vale, sebut saja desa Angkona.

Selain itu, Ikbal menyebutkan dari sekian lokasi kerja proyek PT Lycon menurut data yang bredar di masyarakat. Tenaga kerja yang diterima PT.Lycon nampak mayoritas masyarakat dari Kecamatan Malili dan Towuti. Sementara untuk masyarakat kecamatan Wasuponda sangat minim.

Lebih kanjut, Ikbal juga mengatakan bahwa tenaga kerja yang telah diproses PT Lycon dan kabarnya akan masuk kerja hari Senin pada tanggal 26 Februari 2024 besok. Prosesnya kami duga syarat kepentingan dan kecurangan. Sebab, jauh sebelum sejumlah tenaga kerja yang telah diproses oleh PT Lycon. Pihak PT Lycon justru mengatakan akan dilakukan tes kepada para pelamar kerja. Akan tetapi proses itu tidak dilakukan.

“Kami dikagetkan tiba-tiba ada informasi list tenaga kerja PT Lycon yang kabarnya hari Senin besok akan mulai beraktifitas kerja. Padahal kami menunggu proses tes tersebut,”

Olehnya itu, berdasarkan persoalan tersebut. Kami akan lakukan aksi UNRAS dalam waktu dekat ini. Sebagi salah satu bentuk protes dan pernyataan sikap kami dari masyarakat Balambano, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur.

Sementara itu, dari pihak PT Lycon belum memberikan keterangan terakait rencana aksi UNRAS yang akan dilakukan oleh FKMB. Penalutim, telah melakukan konfirmasi kepada HR PT lycon, melalui pesan Whatssap, hingga berita ini dimuat belum ada jawaban. (RM)