by

Puskesmas Parumpanai Terjunkan Tim Susur Pengungsian Korban Banjir Masamba

Penalutim.com, Luwu Timur – Aksi cepat tanggap bencana kian hilir mudik ke lokasi bencana banjir bandang yang terjadi di Luwu Utara.

Salah satunya dari tim Puskesmas (PKM) Parumpanai, Desa Parumpanai, Kecamatan Wasuponda, Luwu Timur.

Tim Medis dan staff PKM yang beranggota sekitar 16 orang ini, diberangkatkan selasa pagi (14/7/2020) langsung menuju lokasi bencana di Luwu Utara yang juga langsung dikomandoi Kepala PKM Parumpanai.

PKM Parumpanai melakukan tensi
PKM Parumpanai Melakukan Tensi

Maike Andi Baso, selaku Kepala PKM Parumpanai menuturkan kepada Penalutim.com melalui telepon seputar kegiatan mereka selama berada di lokasi kejadian.

“Saya dan tim ada yang petugas Lab, Bidan, Perawat, bagian gizi, epidemologi, sampai staf administrasi langsung turun ke lokasi menyusuri tempat pengungsian, sayangnya di sana tempat pengungsian masih terpencar, belum disatukan,” tutur Maike.

Selain itu, Lanjut Maeike, Juga membawa obat-obatan, vitamin, alat tensi, beberapa makanan kering siap makan, biskuit, susu, popok dan lain sebagainya. Mungkin karena trauma, makanya banyak sekali kami temukan yang tensinya tinggi, khususnya yang sudah usia lanjut,”

Kepala PKM Parumpanai Bersama Tim

Maike menambahkan bahwa tim PKM Parumpanai selanjutnya akan kembali ke sana untuk memberikan support kepada korban banjir.

Dia juga menyampaikan kebutuhan mendesak yang dibutuhkan oleh korban di sana, seperti baju laik pakai, pakaian dalam, obat-obatan, vitamin, susu, minyak gosok, minyak telon, tikar, kelambu, lilin, air minum kemasan, popok bayi, dan makanan siap saji.

“Kami juga melakukan pendekatan secara emosional kepada para pengungsi, memberikan semacam healing theraphy untuk menghilangkan trauma mereka, karena itu yang mereka butuhkan saat ini, agar mereka merasa diperhatikan,” pungkas Maike.

 

Penulis : Amos Jakson

Editor : Redaksi

Foto : Amos Jakson

News Feed