Terima Dana 27, 9 Miliar, KPU Lutim Ngopi Bersama Media

Pena Politik63 views

Penalutim.com, Malili – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Walikota Tahun 2024,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur gelar coffee morning bersama Media di Warkop Punggawa, Kamis, (13/06/2024).

Coffe Morning ini dilakukan sebagai salah satu upaya menyatukan persepsi terkait pelaksanaan tahapan Pilkada.

“Hari ini kalau tidak satu persepsi. Bagaimana kita memberikan informasi terkait tahapan dan pelaksanaan Pilkada kepada masyarakat. Jangan sampai nantinya ada mis informasi,” kata Indrawanto Paningaran selaku Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat & SDM.

Menurutnya, tahapan pencalonan atau pendaftaran, pengumuman, pencabutan nomor urut, dan pengumuman calon kepala daerah. Ini salah satu tahapan yang perlu dimaksimalkan untuk diketahui oleh masyarakat umum.

Selain itu, ia menyebutkan ada debat kandidat,  ada juga pemaparan  visi misi. Makanya leading sektornya memang media. Menjadi bagian tak terpisahkan dari Pilkada.

Indrawanto pada kesempatan ini juga menyebutkan dana hibah sebesar Rp 27,9 Miliar yang diberikan Pemda untuk pelasanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur.

“27,9 Miliar ini belum termasuk dana dari Provinsi untuk Pilgub,” katanya.

Indrawanto saat ngopi bersama awak media juga menyampaikan tahapan pilkada yang telah dilakukan oleh KPU Luwu Timur.

“Proses tahapanya sudah dilakukan, mulai dari perekrutan PPK hingga PPS, sekarang menuju perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

KPU saat ini, lanjutnya,  telah membuka pendaftaran Perekrutan Pantarlih yang dimulai 13 Juni hingga 19 Juni dan akan dilantik 24 Juni mendatang.

“Jumlahnya sebanyak 826 orang Pantarlih, masa kerja 1 Bulan untuk melakukan pencoklitan data pemilih,” tandasnya

Pada Tanggal 19 Juni 2024, kata Indrawanto,  KPU Luwu Timur secara resmi akan melaksanakan tahapan peluncuran pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan maskot pemilihan kepala daerah.

Pencalonan Bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati dimulai hingga 27 sampai 29 Agustus 2024.

KPU  Luwu Timur prediksi Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada dan Pilgub nanti akan bertambah.

Lebih lanjut, Ia menyebutkan Berdasarkan DPT Pemilu terakhir itu mencapai 218.322 jiwa. Memasuki Pilkada dan Pilgub ada tambahan Pemilih Potensial.

“Per 27 November nanti, kemungkinan besar pemilih  bertambah, ada sekitar kurang lebih 2.500 orang tambahan pemilih potensial yang akan memilih di Pilkada dan Pilgub,” kata Indrawanto

Sementara , Jumlah TPS terjadi pengurangan untuk Pilkada dan Pilgub , kata Indrawanto di Pemilu Pileg dan Pilpres yang lalu Jumlah TPS di Luwu Timur sebanyak 810 kini tinggal 456 TPS.

Menurutnya, Perubahan jumlah TPS tersebut  sesuai dengan peraturan perundang undangan.

“ TPS berkurang sekitar 345 di sebelas Kecamatan, Pada pemilu kemarin maksimal 300 orang per TPS. Sementara untuk Pilkada kali ini maksimal 800 orang per TPS,” jelasnya.(*)