Dinsos P3A : 7 Kasus Sedang Berjalan Termasuk Kekerasan Seksual Pada Anak

Daerah9 views

Penalutim.com, Malili – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak (P2A) kabupaten Luwu Timur (Lutim), telah mengawal 7 kasus yang sedang bejalan sepanjang 2024.

Kepala UPTD PPA Lutim Hj.Ferawati.S.Sos, saat ditemui media ini, Jum’at (31/5/2024) mengatakan, 7 kasus yang ditangani PPA, terkait perkelahian, kekerasan pada anak dan kekerasan seksual pada anak, pada tahun 2024.

“Untuk tahun 2024 ini, kami ada melakukan pendampingan terhadap 7 kasus yang melibatkan anak. Pendampingan yang kami lakukan, bukan hanya bentuk hukum. Namun, kami juga melakukan terapi perlindungan, pengobatan tehadap korban dan pelaku kejahatan seksual. Hal ini dilakukan untuk memastikan korban dan pelaku dalam keadaan sehat,” ungkap Ferawati.

Selain itu, lanjut Ferawati, pendampingan dalam proses hukum, juga dilakukan sampai pada akhir putusan. Serta, melakukan pengecekan sikologis dan memastikan korban yang menjadi tindak kekerasan visik maupun seksual, dapat dipulihkan kesehatanya dari terauma.

Korban perkelahian dan kekerasan seksual, pada anak akan dilakukan monitoring guna pemulihan trauma, kesehatan penyakit menular efek dari kekerasan seksual. Dan pada tahun 2018 sampai saat ini tetap kami lakukan pemantauan. (Srd)