Berhasil Batalkan UNRAS Buruh, Vendor PT Vale Janji Beri Jawaban Hari ini

Uncategorized100 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Rencana Aksi Buruh eks karyawan subcon PT NKE (Vendor Nasional PT Vale) yang tadinya di rencanakan pada hari Selasa (28/5/2024) berhasil dibatalkan.

Rencana aksi Unjuk Rasa tersebut berhasil dibatalkan usai sejumlah personil Polres Lutim melakukan mediasi bersama PT NKE dan PT PPP serta puluhan karyawan pada Senin malam di rumah tokoh masyarakat Desa Balambano, Hamka Karim di Dusun Balambano, Senin (27/5/2024.

Dalam mediasi tersebut menghasilkan kesepahaman bersama.

Bahwa PT PPP selaku Subcon PT NKE menolak untuk perpanjangan kontrak sebagai subcon PT NKE.

“Saya tidak mau jatuh ke lubang yang sama. Semua persoalan yang saya alami di lapangan saat melaksanakan tugas saya sebagai subcon PT NKE sudah saya sampaikan berulang kali. Tapi, hingga kontrak saya habis, tidak ada respon dari PT NKE. Sekarang kontrak saya selesai. Saya tidak mau lagi perpanjang. Karena, gaji karyawan saya tidak sesuai regulasi yang ada di Lutim,” Katanya

Ikbal menyarankan ke pihak PT NKE Agar 16 eks karyawan tersebut dipekerjakan dan diupah sesuai standar upah yang berlaku di Kabupaten Luwu Timur.

Hal ini juga disampaikan sejumlah Buruh yang ingin melakukan UNRAS.

“Agar kami dipekerjakan dan diupah sesuai standar upah yang berlaku di Kabupaten Luwu Timur dan disamakan seperti karyawan pada umumnya,” Ungkap sejumlah Buruh yang ingin UNRAS di Pertigaan Pakumanu.

Manajemen PT NKE yang ingin memperpanjang kontrak PT PPP agar 16 eks karyawan ini bisa masuk kerja kembali melalui PT PPP. Ditolak oleh Direktur PT PPP, Ikbal Hamka.

Mediasi berlangsung aman dan kondusif hingga poin tersebut menjadi kesepahaman bersama sehingga rencana UNRAS berhasil dibatalkan.

Adapun kesepahaman tersebut “Pihak PT NKE akan memberikan jawaban terkait permintaan agar 16 Karyawan tersebut dipekerjakan dan diupah sesuai standar upah di Kabupaten Luwu Timur, dan ketika tanggal merah juga dipekerjakan seperti karyawan PT NKE lainnya.

Berdasarkan kesepahaman bersama. PT NKE akan memberikan jawaban pada hari Rabu pagi sekitar jam 10, (29/5/2024).