Wakil Ketua I DPRD Lutim Dicecar Pertanyaan Oleh Siswa SMP Usai Rapat Paripurna

Pena Politik20 views

Penalutim.com, Malili – Wakil Ketua I DPRD kabupaten Luwu Timur (Lutim) M.Siddiq, BM dicecar pertanyaan dari beberapa siswa SMP Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS) Singkole, usai rapat Paripurna keputusan akhir fraksi-fraksi, terkait Ranperda Kabupaten Layak Anak (KLA), Senin (17/5/2024).

Pertanyaan yang dilontarkan para siswa, menyangkut implementasi ranperda KLA kepada siswa, apabila disahkan menjadi Perda.

Salah satu siswa yang memberikan pertanyaan yakni Zahra Aziza Rizal, dari kelas 8 SMP YPS Singkole.  “Apakah tujuan dari Ranperda KLA apabila disahkan menjadi perda kabupaten Luwu Timur serta apa manfaatnya bagi para siswa?” tanya Zahra kepada M. Siddiq, BM.

Wakil ketua DPRD Lutim M.Siddiq.BM memaparkan serta menjawab apa yang menjadi pertanyaan dari para siswa. Pertama, Perda KLA dibuat atas perintah undang-undang, telah digodok di Jakarta, melibatkan beberapa kementrian terkait. Meramu serta mengkonsepkan. Setelah disepakati rancangan tersebut, diserahkan ke Kabupaten untuk dibahas dan diputuskan menjadi satu produk peraturan daerah.

Kedua, untuk melindungi dan memproteksi keapanan anak dan siswa dari tindakan kriminalitas, diantaranya perundungan, bulying serta kejahatan lainnya.

Selanjutnya, memberikan perlindungan hukum apabila ada anak atau siswa yang trseret, kalam lingkaran kasus kriminal yang hanya menjadi korban.

“Para siswa bisa menagih apa saja poin yang di sepakati dalam perda KLA, apabila implementasinya tidak sesuai dengan apa yang di putuskan, silahkan pertanyakan dan ajukan protes kepada pemerinta dan DPRD, karena itu adalah hak anak yang harus di penuhi,”ungkapnya.

Legislator dari partai Nasdem itu menjelaskan, sebelum diterapkan Perda KLA. Nanti, pihaknya dan pemerintah akan melakukan sosialisasi, ke sekolah, masyarakat serta instansi lainya. (Srd).