Telah Dilaksanakan Pembangunan Masjid Babul Jannah Balambano, Panitia : Mohon Doa dan Dukungannta

Daerah93 views

Penalutim.com, Balambano – Setelah menyelesaikan pemerataan lokasi tempat bangunan baru Masjid, membongkar Bangunan Masjid lama, dan menyediakan Masjid sementara. Selanjutnya, Panitia pembangunan Masjid Babul Jannah Balambano melaksanakan tahapan pembangunan bangunan baru Masjid.

Tampak Depan Gambar Bangunan Masjid Babul Jannah Balambano
Tampak Depan Gambar Bangunan Masjid Babul Jannah Balambano

Berdasarkan Pantauan Penalutim, Lokasi Masjid Babul Jannah Balambano berada di Jalan Poros Sorowako – Malili, Dusun Balambano, Desa Balambano, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan.

Masjid Babul Jannah Balambano, berada di wilayah pemberdayaan PT Vale Indonesia Tbk. Tidak jauh dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) 2 milik PT Vale. Berada di pinggir  Jalan poros Sorowako – Malili, jalan raya yang juga digunakan PT Vale sebagai jalur transportasi mobilisasi Nikel, Batu Bara, Sulfur, alat berat milik PT Vale.

Lokasi Bangunan Masjid Babul Jannah Balambano
Lokasi Bangunan Masjid Babul Jannah Balambano

Masjid Babul Jannah Balambano juga merupakan salah satu Masjid persinggahan para Karyawan PT Vale bersama karyawan para Vendor PT Vale serta masyarakat pada umumnya yang melintas di wilayah Dusun Balambano.

Keberadaan Masjid Babul Jannah Balambano mulai dari tahun 1978. Bangunannya suda beberpa kali direnovasi dan di tahun 2024. Karena bangunannya mengalami keretakan pada dinding bangunan akibat gempa. Saat hujan, air masuk kedalam Masjid. Sehingga, masyarakat setempat bersepakat membongkar banguan Masjid tersebut dan melaksanakan pembangunan bangunan baru.

Telah melalui proses panjang hingga pada saat ini Pelaksanaan pekerjaan pembangunan Masjid ini akhirnya mulai dikerjakan.

Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Balambano (FKMB), Ikbal Hamka mengatakan, “Alhamdulillah, dari sekian porses panjang dan dinamika perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Gedung baru  Masjid Babul Jannah Balambano kami lalui. Hari ini, tepatnya Kamis (23/5/2024) kami telah memulai pelaksanaan pekerjaan dasar bangunan Masjid. Kami berharap masyarakat setempat terus meningkatkan kebersamaan dan kekompakan sehingga pembangunan Masjid di kampung kita tercinta ini segera terealisasi,” kata Ikbal

Sekertaris panitia pembangunan Masjid Babul Jannah Balambano ini juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam melaksanakan penataan, pemeratan tempat lokasi rencana pembangunan Masjid Babul Jannah Balambano. Mulai sumbangan yang diberikan baik dalam bentuk, Bronjong, batu, timbunan, pasir, komsumsi, alat berat (Digunakan secara geratis), pikiran, tenaga, waktu dan lain sebagainya, sehingga pembangunan masjid baru ini sampai ke tahap ini.

“Terimaksih atas segala bentuk partisipasinya kepada semua pihak yang terlibat. Kami berharap partisipasi itu tidak berhenti hanya ditahap ini. Tapi terus berkelanjutan sebab, saat ini masih dalam proses pembangunan, yang kami laksanakan saat ini masih dalam tahap dasar pondasi bangunan. Masih banyak kebutuhan bangunan yang dibutuhkan hingga bangunan baru Masjid Babul Jannah Balambano ini terealisasi,” Harap Ikbal

Sementara itu, menurut Bendahara Panitia Pembangunan Masjid, Hamka Karim mengatakan saat ini panitia belum memimiliki anggaran pembangunan Masjid Babul Jannah Balambano.

“Meski belum punya anggaran, kami tetap berupaya agar Masjid ini segera terbangun. Sejauh ini kami terima sumbangan, dari sejumlah pihak. Baik itu sumbangan dari masyarakat setempat, dari PT Vale dan sejumlah vendornya, termasuk sejumlah karyawaannya, dari celengan Masjid. Dana inilah yang kami gunakan selama ini untuk pembongkaran bangunan Masjid lama, pemerataan atau penataan tempat lokasi bangunan baru Masjid, termasuk untuk gaji Imam,” tutur Hamka Karim.

Panitia Pembangunan Masjid Balambano, melalui media ini menyampaikan. “Kami meyakini kita semua ingin berlomba-lomba masuk syurga, karena Allah. Insya Allah, dengan niatan tulus kita berkontribusi membangun Masjid ini, amal jahiriyah kita terus mengalir, Amiin,” ucap Hamka.

“Mohon doa dan dukunganta untuk Pembangunan Masjid Babul Jannah Balambano, bisa kita salurkan di sini : Bank BRI, No Rekening : 746601011176534 atas nama Masjid Babul Jannah Balambano, Bank Sulselbar, No Rekening : 0932020000009581 atas nama Masjid Babul Jannah Balambano. Kami juga menerima dalam bentuk material seperti, semen, besi, pasir, dll. Semoga kesehatan selalu menyertai kita semua dan  amal jariyah kita terus mengalir, Amiin,”