Tidak Lakukan Sosialisasi, PT Vale Dinilai Tidak Menghargai Masyarakat

Daerah119 views

Penalutim.com, Balambano – Lakukan aktivitas kerja di pemukiman warga. PT Vale dinilai tidak menghargai masyarakat dan pemerintah. Pasalnya, pihak PT Vale tidak melakukan sosialisasi maupun kordinasi kepada pemerintah Desa dan masyarakat Balambano, Kamis (16/5/2024).

Tokoh masyarakat Desa Balambano, Hamka Karim mengatakan, “Saya tegur saat melakukan pengukuran di wilayah lahan saya. Bukan dihalangi. Kenapa langsung ada aktivitas kerja seperti ini tidak ada sosialisasinya dan kordinasi nya kepada kami. Tidak seperti biasanya, kontraktor yang ingin melakukan aktivitas kerja di wilayah Balambano biasanya kordinasi dulu, baru beraktivitas kerja. Apa lagi ini masuk dalam pemukiman warga,”Katanya dengan nada kesal.

Kepala Dusun Balambano, Habir Wakka membenarkan hal tersebut. “Tidak ada komunikasi sampai ke saya terkait pekerjaan projek pipa minyak itu,” Katanya

Sementara itu, karyawan PT Truba yang nampak melakukan pekerjaan tersebut mengatakan “Kami hanya di suruh PT Vale melaksanakan pekerjaan ini,” Ucap salah satu karyawan PT Truba yang enggan disebutkan namanya.

Saat diajukan pertanyaan terkait projek apa ini? Ia menjawab “Kegiatan survey titik pipa minyak yg melintang. Ini support Vale, bukan tender atau proyek. Hasil survey ini yang djadikan salah satu referensi untuk proyeknya pipa minyak PT Vale kedepan,” tuturnya.

Sementara Pihak PT Vale saat dikonfirmasi Penalutim, ditanyakan kenapa hal ini bisa terjadi katanya PT Vale menghargai bumi dan Masyarakat? Pihaknya hanya mengatakan “tim kami akan cek dilapangan,” kata Aswadin. (RM)