Kapolda Sulsel Hadir di HUT Lutim, Kapolres Lutim Sampaikan Recana Pembangunan Senilai 6 Miliar

Pena Hukum36 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Setelah menghadiri Rapat Paripurna Istimewa HUT Lutim yang ke 21 tahun di Gedung DPRD Luwu Timur. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan,Irjen. Pol Andi Rian R Djajadi bersama rombongannya  kunjungi Mako Polres Lutim  di Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Jumat (3/5/2024).

Kapolres Luwu Timur, AKBP. Zulkarnain bersama Ketua Bhayangkari dan sejumlah personil menyambut baik Kapolda Sulsel bersama rombongan.

Kapolres Lutim memaparkan proses pembangunan baru Mako Polres Lutim, mulai dari sumber lahan yang digunakan, sumber anggaran pembangunan, sejumlah fasilitas bangunan hingga rencana pembangunan rumah Dinas Kapolres dan Wakapolres.

Menurutnya, Lahan yang digunakan Mako Polres ini sumbernya dari hibah pemerintah pada tahun 2014 dengan luas dua hektar.

“Kemudian pada tahun 2022 seluas 1,3 Hektar dan suda bersertifikat,” papar Zulkarnain dalam sambutannya.

Zulkarnain menguraikan proses pembangunan Mako Polres dari tahun ke tahun.

“Gedung Mako Polres lutim dibangun dua lantai dimulai dari tahun 2021 sumber anggaran dari APBD Lutim, senilai RP.4,9 Miliar. Kemudian tahap kedua pada tahun 2022, Rp. 13,3 Miliar, selanjutnya di tahap ketiga pada tahun 2023, Rp. 7,1 Miliar. dan tahap ke empat tepatnya pada tahun 2024 sejumlah Rp. 4,6 Miliar,” paparnya.

Dalam sambutannya, Zulkarnain juga memaparkan Lapangan tembak seluas 2.000 meter, yang sumber anggarannya dari dana swadaya tahun 2016.  Kemudian, Rumah susun dengan luas 36 meter dengan jumlah 48 kamar, sumber anggarannya dari APBN tahun 2019.

“Ada juga Posyandu tahun 2019, lahan perkebunan dan kolam serta tempat bermain yang bersumber dari swadaya Bhayangkari tahun 2022,” kata Zulkarnain

Tak hanya itu, Zulkarnain juga menyampaikan pembangunan rumah ibadah, seperti Masjid, Gereja dan Pura disebut Rumah Ibadah Taman Bhinneka Tunggal Ika  Polres Luwu Timur, sumber anggarannya dari dana swadaya perusahaan dan masyarakat pada tahun 2023.

Menurut Zulkarnain, Mako Polres Lutim baru ini rencannya akan digunakan di awal tahun 2025.

“Tahun 2025, Insya Allah kami akan pindah di Mako Polres Lutim baru ini,” katanya.

Selain itu, Zulkarnain juga menyampaikan rencana pembangunan Rumah Dinas Kapolres dan Wakapolres Lutim sebesar 6 Miliar.

“Kita rencanakan pembangunan rumah Dinas Kapolres dan Wakapolres senilai enam Miliar,” tuturnya (Rm)