Rapat Paripurna Istimewa, Budiman Paparkan Filosofi Tema HUT Lutim yang ke 21 Tahun

Daerah16 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Maju Bersama Membangun Desa, Menguatkan Demokrasi adalah tema perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Luwu Timur yang ke-21 tahun.

Perayaan HUT Luwu Timur yang ke-21 tahun ini dimeriahkan dengan sejumlah rangkaian kegiatan yang diawali dengan Rapat Paripurna Istemewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu Timur, Jumat (3/5/2024) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Luwu Timur.

Bupati Luwu Timur, Budiman Hakim dalam sambutannya menjelaskan makna tema HUT Lutim yang ke 21.

“Maju Bersama Membangun Desa, menguatkan Dmokrasi” menggabarkan tekad dan semangat kita untuk terus bergerak maju sebagai sebuah komunitas yang inklusif dan progresif,” jelas Budiman

Menurutnya, Desa adalah pondasi dari sebuah keberhasilan kabupaten dan bersama-sama kita  memastikan bahwa setiap desa di Luwu Timur berkembang secara berkelanjutan.

Saat ini, lanjut Budiman, kita tidak hanya membicarakan tentang membangun desa, berbicara tentang infrastruktur fisik, tetapi juga memperkuat jaringan sosial, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempromosikan pembangunan yang berkelanjutan.

“Di tengah tantangan dan perubahan yang terjadi terus berlangsung kita harus tetap berprinsip bahwa setiap langkah yang kita ambil harus memperhitungkan kesejahteraan dan kepentingan bersama,”tutur Budiman.

Dalam sambutannya, Budiman menyebutkan sejumlah desa Maju, Mandiri dan berkembang di Kabupaten Luwu Timur.

“Berdasarkan hasil pengukuran status desa melalui indeks desa membangun, menunjukkan tidak ada lagi status desa tertinggal di Luwu Timur. dari total 125 desa yang ada di Luwu Timur. Status desa maju sebanyak 46 desa, desa mandiri 10 desa, desa berkembang 68 desa,” paparnya

Berdasarkan hal itu, lanjut Budiman, ini menunjukkan bahwa arah dan  kebijakan pemerintah terhadap pembangunan desa di Kabupaten Luwu Timur telah berjalan sesuai harapan masyarakat melalui program bantuan keuangan khusus (BKK) 1 Miliar 1 desa  di luar ADD dan dana desa.