Bupati Luwu Timur Buka Rakerda PABPDSI Lutim Tahun 2024

Daerah8 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Luwu Timur Tahun 2024 di Baruga Permandian Watu Maeta Malela, Desa Margolembo, Kecamatan Mangkutana, Ahad (28/04/2024).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, kegiatan tersebut akan menjadi forum strategis guna memperbincangkan berbagai permasalahan dan menentukan gerak langkah, serta menyusun arah dan kebijakan PABPDSI Kabupaten Luwu Timur.

“Kita sama-sama mengetahui bahwa BPD adalah bagian dari penyelenggara pemerintahan desa, yang menampung aspirasi, melakukan pengawasan serta ikut merencanakan pembangunan di tingkat desa,” ujar Bupati H. Budiman.

Di samping itu, kata H. Budiman, melakukan pengawasan pembangunan desa agar kemajuan dusun sesuai dengan harapan bersama. PABPDSI untuk ikut berperan dalam membangun dusun, membangun sinergi dengan pemerintahan dusun serta elemen masyarakat, baik tokoh agama, masyarakat dan pemuda.

“Dari sini kita sama-sama berharap para anggota BPD yang tergabung dalam PABPDSI bisa saling bertukar gagasan untuk membangun desa yang terencana dan terukur dan harus benar-benar bisa menjadi partner kepala desa dalam membangun desa. Selain itu, BPD harus bisa menjadi pilar utama dan jembatan koordinasi kerja pemerintah desa dan masyarakat,” tutur Bupati.

Budiman berharap rapat ini menghasilkan ide dan gagasan kreatif dan inovatif untuk mendorong geliat perekonomian desa, yang selanjutnya akan meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan desa, dengan penekanan pada pemberdayaan masyarakat desa, serta tetap memperhatikan prinsip-prinsip keberlanjutan pembangunan, artinya tetap melestarikan lingkungan.

“Sebagai Pemerintah Daerah, saya ingin mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan komitmen kita semua dalam mewujudkan pembangunan di tingkat desa,” pungkas Bupati.

Turut hadir, Camat Mangkutana, Zulkifli Adi Saputra, Ketua PABPDSI Luwu Timur, Pengurus APDSI Luwu Timur, beberapa Kepala Bidang dari Dinas PMD serta anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) seluruh Kabupaten Luwu Timur. (Is/Kominfo)