Dinsos P3A Lutim bersama Tim TP2GD Gelar Rapat Persiapan Penulisan Biograf Almarhum Andi Nyiwi

Daerah8 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) bersama tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Luwu Timur (Lutim) menggelar rapat persiapan penulisan biograf almarhum Andi Nyiwi yang berlangsung secara during dan luring di Aula Media Center Diskominfo-SP, Rabu (24/04/2024).

Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan, Rapiuddin Thahir sekaligus Wakil Ketua Tim TP2GD didampingi Kepala Dinsos P3A, Sukarti menyampaikan tujuan dari rapat ini digelar untuk mengumpulkan secara lengkap informasi tentang alm. Andi Nyiwi.

“Almarhum Opu Andi Nyiwi adalah sosok pejuang pada masa penjajahan di Luwu Timur. Perjuangan beliau sering dibacakan sekilas setiap tahun tepatnya diperingatan hari Perlawanan Rakyat Luwu dan hari Jadi Luwu, oleh karena itu, tujuan rapat ini digelar demi upaya memperjuangkan pemberian gelar pahlawan baik ditingkat provinsi dan nasional untuk Alm. Opu Andi Nyiwi,” Ungkap Rapiuddin.

Rapiuddin berharap agar para Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) lingkup Pemkab Lutim yang masuk dalam Tim TP2GD dapat saling berkolaborasi dengan baik dalam pengumpulan arsip untuk penulisan biograf kedepannya.

“Menjadi salah satu syarat dalam pemberian gelar pahlawan yaitu perlu adanya arsip keterlibatan beliau dalam berbagai peristiwa kepahlawanan sehingga referensi wawancara dianggap masih bersifat subjektif, oleh karenanya dibutuhkan dokumen-dokumen pendukung agar dapat membantu kita untuk melakukan penulisan biograf almarhum Opu Andi Nyiwi oleh tim TP2GD Lutim,” kata Rapiuddin.

Sementara itu, Drs. Sukarti juga berharap di tahun kedua ini, dokumen kelengkapan penulisan biograf dapat dirampungkan.

“Sudah memasuki tahun kedua kita bersama-sama saling menuangkan pemikiran dan saling berkolaborasi dalam mengumpulkan syarat khusus pemberian gelar kepada almarhum Opu Andi Nyiwi, semoga kelengkapan dokumen dapat dirampungkan ditahun ini agar dapat dinilai oleh tim provinsi nantinya,” ucap Sukarti.

Turut Hadir Ketua Tim TP2GD Lutim, Amrullah Amir, S.S.MA.,Ph.D, Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Perwakilan BKPSDM Lutim, Diskominfo-SP, Babinminvetcad XIV/HSN, Mayor CBA Yusak, M, Pasi TER Kodim 1403/PLP, Kapt. Inf. Jufri dan Perwakilan Keluarga Alm. Andi Nyiwi. (Res/ Kominfo)