Rapat Paripurna DPRD Lutim, Fraksi Nasdem Sorot Rekruitmen Tenaga Kerja

Penalutim.com, Luwu Timur – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Luwu Timur gelar sidang paripurna Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Luwu Timur Tahun Anggaran 2023 dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak (KLA) di pemerintahan Kabupaten Luwu Timur di ruang Paripurna, Selasa (16/4/2024).

Dalam sidang paripurna tersebut sejumlah partai memberikan pandangan umumnya salah satunya dari Farksi Partai Nasdem.

Dalam pandangannya, Fraksi Nasdem menyoroti persoalan rekruitmen ketenaga kerjaan di sejumlah perusahaan tambang di Luwu Timur, yang menurutanya terus menimbulkan masalah.

Rapat Paripurna DPRD Lutim, Fraksi Nasdem Sorot Rekruitmen Tenaga KerjaRapat Paripurna DPRD Lutim, Fraksi Nasdem Sorot Rekruitmen Tenaga Kerja

“Hal ini terjadi karena fungsi pemerintah menjembatani persoalan rekruitmen ini dianggap belum maksimal. Demikian disampaikan Semuel Kandati, Jubir Fraksi Nasdem dalam Paripurna DPRD Lutim,” Selasa (16/04/2024).

Semuel mengatakan, Fraksi Nasdem sudah membuat sejumlah poin penting untuk disampaikan kepada Bupati guna perbaikan daerah ini kedepan. Ia menyebutkan, sepanjang tahun 2023 menuju 2024 ini banyak peristiwa penting bagi kita semua untuk kemudian menjadi perhatian dan bahan renungan.

“Proses Perekrutan karyawan di beberapa perusahaan yang terus menjadi masalah, dimana kita tidak bisa menutup mata bahwa 50 Tahun perusahaan tambang PT Vale beroperasi di Luwu Timur, tetapi kita dan masyarakat kita ternyata masih terus bergelut dengan persoalan ketenagakerjaan dan tidak bisa terselesaikan hingga hari ini,”beber Semuel

Ia juga mengungkap Keributan Lahan antara Masyarakat dan perusahaan, pelayanan rumah sakit dan Puskesmas yang belum maksimal, Sungai Malili yang terus menjadi sorotan akibat berlumpur dan tidak jernih lagi, Pelayanan Air Minum dan Air Bersih bagi warga yang sampai saat ini belum memberikan pelayanan maksimalnya adalah permasalahan yang yang harus diselesaikan oleh pemerintah Luwu Timur.

” Inilah permasalahan yang kami sampaikan dalam Paripurna ini, sekiranya Bupati Luwu Timur dapat memperhatikannya dan menindaklanjutinya untuk kemajuan Kabupaten Luwu Timur. ” Kata Samuel.

Di akhir kata, Pandangan Fraksi Nasdem terkait Ranperda KLA. Fraksi Nasdem sepakat Ranperda ini menjadi Perda Luwu Timur. Olehnya itu, Nasdem mendorong Ranperda ini dibahas secepatnya dan ditetapkan jadi Perda.

“untuk Ranperda KLA, Fraksi Nasdem juga sepakat dibahas dan secepatnya ditetapkan jadi Perda Luwu Timur. ” tutupnya (*)