Besok, Pemkab Lutim Mulai Buka Pendaftaran Arus Balik Gratis

Penalutim.com, Luwu Timur – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terus menunjukkan komitmennya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakatnya yang ingin pulang ke tempat kerja atau domisili mereka setelah merayakan Idul Fitri 1445 hijriah di kampung halaman.

Komitmen itu ditunjukkan Pemkab Lutim karena besok akan mulai membuka pendaftaran program Arus Balik Gratis guna membantu masyarakat dalam perjalanan kembali setelah libur lebaran.

Program Arus Balik Gratis ini merupakan kelanjutan dari program mudik gratis yang sebelumnya telah diselenggarakan oleh Pemkab Luwu Timur.

Tujuannya adalah untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan masyarakat dalam melakukan perjalanan balik, terutama bagi mereka yang menggunakan moda transportasi umum.

Pendaftaran program Arus Balik Gratis ini akan mulai disebar Sabtu (13/04/2024), sekitar pukul 12.00 Wita di semua platform Media Sosial Dinas Kominfo-SP Lutim.

Warga yang ingin mendaftar diharapkan untuk mempersiapkan identitas diri dan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk memastikan proses pendaftaran berjalan lancar.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu Timur, AR. Salim yang juga bertanggung jawab atas pelaksanaan program ini menyampaikan harapannya agar masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini.

“Program ini kami sediakan untuk membantu masyarakat dalam perjalanan pulang, terutama mereka yang menghadapi kendala finansial atau kesulitan transportasi,” ujarnya, Jumat (12/04/2024).

AR. Salim menuturkan bahwa, program ini juga untuk menindaklanjuti arahan bapak Bupati Luwu Timur agar pemda kembali menyediakan Arus Balik Gratis seperti saat menyediakan Mudik Gratis.

“Tujuan bapak Bupati menyediakan Arus Balik ialah agar mengurangi mobilisasi di jalan dan juga untuk mengurangi angka kecelakaan mengingat saat arus balik volume kendaraan di jalan akan meningkat, dan Insha Allah bapak bupati Luwu Timur yang akan melepas secara langsung,” tutur Salim.

Sementara Kepala Bidang Angkutan Jalan, Arham Alqaf menjelaskan, Arus Balik Gratis ini merupakan tidak lanjut Program Mudik Gratis Pemkab Luwu Timur Tahun 2024 yang telah dilakukan pada Tanggal 7 dan 8 April 2024.

“Jadi Pemkab Luwu Timur kembali akan menggelar Mudik Gratis (Balik dari Kabupaten Luwu Timur ke Makassar) yang dilaksakan pada hari Senin Tanggal 15 April 2024,” bebernya.

Dirinya menambahkan, adapun Armada Bus yang disiapkan sebanyak 7 Unit atau 227 seat. Syarat peserta adalah Warga Kabupaten Luwu Timur dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

“Rencana pemberangkatan Tanggal 15 April 2024 dilaksanakan dibeberapa tempat, yakni ; Terminal Wawondula, Terminal Transport Sorowako, Terminal Malili, Perwakilan Bus Borlindo Mangkutana dan selanjutnya semua Armada akan berkumpul di Terminal Tarengge untuk bersama-sama berangkat menuju Makassar,” tambahnya.

“Sementara untuk titik jemputan penumpang asal Kecamatan Wasuponda, Angkona, Tomoni Timur, Kalaena dan Burau akan disesuaikan setelah pendaftaran,” pungkas Arham. (Rhj/Kominfo)