Pembalap Asal Luwu Timur ini Menuju Kancah Internasional 

Pena Sport26 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Pembalap asal Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Muh Badly Ayatullah M siap tampil di ajang Thailand Talent Cup (TTC). Ia bakal tampil dengan menggunakan motor Honda NSF250R.

Berdasarkan jadwal TTC 2024, Badly mulai mengaspal pada tanggal 5-7 April 2024 di Chang Internasional Circuit. Round perdana ini diharapkan menjadi panggung perdananya di kancah internasional.

Murid D45 Road Racing Academy ini dalam debutnya berhasil meraih gelar Juara Region Rookie Motoprix Sulawesi 2024. Kemudian pembalap berusia 14 tahun ini lanjut bertarung full series di Oneprix pada 2023.

Di Oneprix, Badrun sapaan akrab Badly balap bersama Daya Honda Jayadi Pirelli GVK, untuk di Motoprix, Badly balap bersama GVK Racing Team Malili. Pada ajang Motoprix Sulawesi, meskipun memacu motor berbeda, namun dia berhasil meraih posisi runner up Rookie musim 2023.

Pendiri D45 Road Racing Academy, Dedy Fermady mengatakan, TTC menjadi langkah dasar pembinaan balap berjenjang Astra Honda Motor (AHM) saat mulai menapaki level asia, sebelum beranjak ke level selanjutnya Asia Talent Cup (ATC). Ini menjadi jenjang awal untuk menuju Moto GP.

“Betul ini jenjang menuju kesana (Moto GP, red). Tapi ini baru tahap awal,” kata Dedy Fermady melalui pesan WhatsApp, Senin, (01/04/24).

Setelah TTC lanjutnya, Badly harus tampil di ATC, kemudian Redbul GP Eropa, selanjutnya
Junior GP Eropa. “Baru Moto3 World Champion kalau memang bagus terus, mungkin akan sampai,” ungkap Dedy Fermady.

Untuk round perdana bebernya, Badly memang sudah sangat siap. Mengingat persiapan sudah di lakukan secara maksimal. Mulai dari fisik dan skill diatas motor, serta mental. Kedepannya, Badly harus fasih berbahasa inggris.

“Dia (Badly) haru berkomunikasi dengan baik disana. Di kejuaraan International, pembalap di wajibkan bisa (Bahas Inggris). Dan saya rasa, sudah menjadi hal wajar. Di kancah International, bahasa bukan satu halangan,” terangnya.

Untuk memberikan dukungan lanjutnya, tak cukup dengan mengandalkan usaha dan doa. Harus dukungan dari semua pihak. “Karena biaya balapnya sangat besar untuk kesana,” tuturnya sambil senyum.

Sebelum mengakhiri, Dedy Fermady menyampaikan ucapan terimakasih kepada Astra Honda Motor yang memfasilitasi dan memberikan kesempatan kepada Badly. “Terimakasih kita ucapkan kepada Astra Honda Motor,” imbuhnya. (*)