RSUD I Lagaligo Sosialisasikan Pencegahan Tuberkulosis

Penalutim.com, Luwu Timur – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Tuberkulosis Sedunia, RSUD I Lagaligo menggelar kegiatan edukasi kesehatan Kamis,(28/03/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Pencegahan dan Pengendalian Tuberkulosis. Hal ini dilakukan mengingat masih rendahnya partisipasi masyarakat dalam menjalani pengobatan TB secara teratur, sementara jumlah kasus TB di Luwu Timur terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Penularan bakteri TB dapat terjadi melalui droplet saat batuk, bersin, dan berbicara. Bakteri yang terhirup oleh orang yang sehat dapat berkembang dalam saluran pernapasan dan menyebabkan gejala TB ketika daya tahan tubuh menurun.

Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Anastasia Panggelo, Sp.PD, memberikan beberapa tips penting dalam mencegah penularan TB. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, seperti pola makan yang sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ventilasi rumah yang baik dengan membuka jendela untuk mendapatkan sinar matahari dan udara segar, serta rutin berolahraga. Bagi orang dengan HIV AIDS (ODHIV), dianjurkan untuk mengkonsumsi Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) guna mengurangi risiko terkena TB.

“Pola makan yang sehat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan Tuberkulosis. Ventilasi rumah yang baik dengan membuka jendela juga penting untuk mendapatkan sinar matahari dan udara segar. Rutin berolahraga juga menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan tubuh.” Kata dokter Anastasia.

Kegiatan penyuluhan ini disertai dengan pembagian souvenir kepada peserta yang aktif bertanya dan diakhiri dengan sesi foto bersama sebagai tanda keseriusan dalam mengatasi permasalahan TB.

Dengan semangat yang menyala-nyala, RSUD I Lagaligo berupaya keras untuk menjangkau masyarakat dan menyebarkan informasi yang berguna dalam mencegah penularan Tuberkulosis. (*)