Masih Tertinggal, ini Wilayah di Kabupten Luwu Timur Tidak Ada Jaringan Internet

Daerah135 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Jaringan internet telah menjadi kebutuhan penting masyarakat. Selain sebagai alat mencari, mendapatkan dan menerima informasi. Internet juga kini menjadi alat bisnis bagi masyarakat. Baik itu masyarakat pada umumnya, sperti para petani, buruh, pengusaha, pelajar maupun mahasiswa. Intenet juga menjadi alat untuk mendapatkan pengetahuan dan menemukan inspirasi dan tempat belajar. Selain itu, juga tempat mengekspresikan gagasan dan juga tempat mendapatkan hiburan.

Begitu besar manfaat jaringan internet dan pengaruh internet bagi masyarakat. Bahkan masyarakat yang di daerahnya tidak ada jaringan internet rela mencari atau mendatangi daerah yang memiliki jaringan internet atau bisa mengakses internet, meski jaraknya terbilang jauh dari tempat ia tinggal. Puluhan kilo tidak menjadi kendala, naik ke gunung pun bukan kendala untuk bisa mengakses jaringan internet.

Begitulah yang dilakukan oleh masyarakat Pakumanu RT 2, Dusun Balambano, Desa Balambano, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur yang hingga saat ini belum bisa mengakses internet di wilayah tempat ia tinggal.

“Internet bagi kami juga merupakan kebutuhan kami sehari-harinya. Tapi sayangnya di daerah kami ini belum ada jaringan internet. Kami biasa harus pergi mencari tempat yang jaraknya lumayan jauh dari kami. Harus berkendaraan menggunakan motor ke suatu tempat yang ada jaringan internetnya. Bahkan terkadang kami mencari yang terdekat hingga naik ke gunung untuk mencari jaringan internet,”kata sejumlah Masyarakat Pakumanu.

Ia juga mengatakan “Kasian anak-anak pelajar¬† kami pak, pun demikian kami juga sebagai masyarakat Yang saat ini dengan perkembangan zaman internet menjadi salhsatu sarana pendidikan dan kebutuhan sehari-hari tapi di daerah kami belum ada. Kami seperti hidup di masa lampau yang terbilang masih tertinggal,”katanya

Ia berharap, Semoga pemerintah bisa memperhatikan kebutuhan masyarakat di Pakumanu ini. Dan mengadakan jaringan internet di daerah Pakumanu seperti di wilayah lainnya. “Kami berharap ya adalah WIFI yang bisa digunakan di setiap rumah mengakses internet. Kami siap bayar pak setiap bulannya,”harapnya

Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Balambano (FKMB), Ikbal Hamka berharap pemerintah mendengar aspirasi masyarakat Pakumanu ini. Selain itu, karena daerah Pakumanu adalah daerah pemberdayaan PT Vale. Kami juga berharap PT Vale kolaborasi bersama pemerintah bisa mengadakan internet di Wilayah Pakumanu. Apalagi masyarakat Pakumanu berada di antara PLTA 1 dan PLTA 2 Milik PT Vale.

“Ya kami bermohon agar kami masyarakat Pakumanu juga bisa merasakan jaringan Internet. Harapannya PT Vale kolaborasi bersama Pemerintah seperti yang dilakukan di Dusun Balambano. PT Vale adakan jaringan internet,” kata Ikbal kepada Penalutim, Kamis (28/3/2024).