Program CSR PT Vale Berhasil Persembahkan Air Bersih di Pakumanu, Kades Balambano : Terimakasih PT Vale

Daerah157 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Puluhan tahun diharapkan masyarakat. Dan berbagai macam upaya telah dilakukan. PT Vale melalui program CSR nya Dengan metode menggunakan sumur bor. Kabarnya masyarakat RT2 Pakumanu, Dusun Balambano, Desa Balambano akhirnya akan nikmati air bersih sebagaimana masyarakat pada umumnya.

Sebagaimana diketahui berpuluh tahun lamanya masyarakat Pakumanu yang bermukim di sekitaran 2 PLTA Milik PT Vale Indonesia. Mengeluh karena Beli air bersih sebagai kebutuhan pokoknya. Masyarakat sekitar membeli air pertandon dengan harga Rp 60.000.

Tidak bosan masyakarat wilayah pemberdayaan PT Vale yang berada di zona ring satu ini terus menyampaikan aspirasinya agar kebutuhan ini direalisasikan. Dan hal itu didengar oleh PT Vale. Hingga pada akhirnya dalam waktu dekat ini masyarakat Pakumanu akan menikmati air bersih.

Hal tersebut disampaikan oleh Senior Kordinator PPM PT Vale, Iskandar Ismail kepada Penalutim.

“Sudah dapat air. Tinggal maksimalkan pipa distribusinya. Kontraktor lagi istirahat 2 pekan,” kata Iskandar kepada Penalutim, Rabu (20/3/2024).

Menanggapi hal ini, salah satu warga Pakumanu mengatakan bahwa sumber air dan kondisi air yang ditemukan oleh sumur bor ini nampak tidak memungkinkan untuk melayani seluruh masyarakat di Wilayah Pakumanu.

“Kalau saya amati air yang ditemukan oleh sumur bor ini. Sepertinya tidak mampu melayani seluruh masyarakat yang ada di Pakumanu ini. Tapi tetap kita syukuri karena sekarang suda ada air. Selanjutnya kita pikirkan kembali. Sembari menunggu hingga selesai proyek sumur bor ini. Ya mungkin saja dengan tangan yang ahlinya bisa ji dilayani kami semua masyarakt di Pakumanu ini,” Kata Alo Gawen.

Hal ini direspon langsung oleh Iskandar. Menurutnya, PT Vale punya tata kelola untuk menjamin ketersedian air.
“Iye. Ada tata kelola dibuat untuk menjamin ketersediaan air bersih secara kontinyu,” jawab Iskandar

Iskandar berharap agar pengerjaan proyek sumur bor ini tidak ada lagi hambatan yang dihadapi. Sehingga akhir bulan April itu suda selesai.

Program CSR PT Vale Berhasil Persembahkan Air Bersih di Pakumanu, Kades Balambano Terimakasih PT Vale

“Soal timeline project direncanakan selesai akhir April. Semoga tidak ada hambatan lagi biar project kelar tepat waktu,” jelas Iskandar

Sementara itu, ibu RT 2 Pakumanu Dusun Balambano, Ibu Sri mengatakan “kami masyarakat di Pakumanu bersyukur dan semoga cepat tuntas ini air. Suda lama sekali saya usulkan dan perjuangkan ini air. Saat ini dihadapan mata saya lihat langsung ini air ada di hadapan rumah saya. Untuk proses penyelesaiannya kami percayakan kontraktor yang mengerjakannya dan PT Vale. Saat ini pekerjaan proyek ini tertunda karena belum ada power listrik untuk menghidupkan mesin atau pompa air,”kata ibu Sri

Atas kepedulian dan komitmen PT Vale terhadap pemberdayaan masyarakat di wilayah Desa Balambano. Kepala Desa Balambano mengucapkan rasa terimakasih nya kepada PT Vale.

“Alhamdulillah, tiga hari lalu kami mengunjungi pembuatan sumur bor di Pakumanuk. Saat itu, air masih sedikit. Dan saya lihat video ini sudah banyak. Saya kira itu adalah harapan masyarakat Pakumanuk, Dusun Balambano yang sudah lama menanti air. Kami pemdes Balambano juga mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT VALE atas program pemberdayaan yang sedikit demi sedikit meringankan beban masyarakat dan terimakasih atas kerjasama semua pihak,” Ucap Ronal