Bupati Luwu Timur Pantau Langsung Aktivitas Pasar Murah di ASM

Pena Ekonomi11 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Setelah pekan lalu menggelar pasar murah bahan pokok berupa minyak goreng, terigu dan gula pasir di tiga lokasi dan waktu berbeda yakni di Kantor Camat Tomoni (28/02/24), Kantor Camat Towuti (29/02/24) dan Kantor Camat Malili (01/03/24).

Hari ini, Jum’at (08/03/24), Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian (Disdagkop-UKMP) kembali menggelar pasar murah berupa komoditi lain di Anjungan Sungai Malili (ASM).

Pasar murah tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok yang mengalami kenaikan harga sebagai dampak inflasi menjelang bulan suci ramadhan.

Pelaksanaan pasar murah yang digelar sehari ini dipantau langsung oleh Bupati Luwu Timur H. Budiman, didampingi Sekda Luwu Timur, H. Bahri Suli, Kadis Dagkop-UKMP, Senfry Oktavianus, Sekretaris DPRD, Aswan Asis, Sekdis Dagkop-UKMP, Andi Polejiwa, Camat Malili, Nasir DJ., serta Lurah Malili, Sampoali.

Bupati H. Budiman mengatakan, kegiatan pasar murah ini untuk meringankan beban masyarakat, karena menjelang bulan ramadan ada kecendrungan kenaikan harga bahan pokok, sehingga Pemkab Luwu Timur melalui dinas terkait terus berupaya untuk menstabilkan harga serta menjaga laju inflasi.

“Harapan kami, kegiatan pasar murah ini bisa menekan inflasi menjelang bulan suci ramadhan, untuk itu, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini,” ungkapnya di sela sela pantauannya.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak atas terlaksananya kegiatan pasar murah ini.

Sementara Kepala Bidang Perdagangan Disdagkop-UKMP, Andi Tenriawaru saat dimintai keterangannya menyampaikan bahwa, komoditi yang dipasarkan pada kegiatan pasar murah hari ini berupa bawang merah, cabai besar dan cabai kecil dengan melibatkan Pemerintah Kelurahan Malili.

Andi Tenriawaru menambahkan, harga komoditi yang dipasarkan yakni harga distributor diantaranya harga bawang Rp. 22.000/kg sedangkan dipasaran kisaran harga Rp. 30.000/kg, harga cabai besar Rp. 48.000/kg harga dipasaran Rp. 60.000 dan cabai kecil Rp. 35.000/kg harga dipasaran Rp. 45.000/kg.

“Pasar murah ini dibuka untuk seluruh masyarakat umum yang membutuhkan,” ujar Andi Tenriawaru menjelaskan.

Sebagai informasi, selain Disdagkop-UKMP Kabupaten Luwu Timur, sebelumnya Pasar Murah juga dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahahan Pangan dilokasi berbeda selama 2 hari yakni tanggal 6 Maret 2024 di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan tanggal 7 Maret 2024 di Halaman Kantor Camat Malili. (Op/Kominfo)