MTQ X Tingkat Kabupaten Luwu Timur Berakhir, Ini Juara Umumnya

Penalutim.com, Luwu Timur – Rangkaian kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) X Tingkat Kabupaten Luwu Timur yang dilaksanakan di Kecamatan Kalaena hari ini resmi berakhir, Rabu malam, (06/03/24).

Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari sejak 01 Maret 2024 ini ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar Andi Leluasa.

Dalam perhelatan kegiatan gelaran dua tahunan ini, ratusan kafilah dari 11 (sebelas) kecamatan ikut berpartisipasi. Para kafilah telah menunjukkan keahlian mereka dalam berbagai cabang lomba seperti seni baca Al-Qur’an, Qiraat Qur’an, Kaligrafi dan lain sebagainya.

Acara penutupan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars MTQ, pembacaan ayat suci Al Quran dan diakhiri dengan prosesi penurunan Bendera LPTQ oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati, Mochammad Akbar Andi Leluasa menyampaikan selamat dan mengapresiasi seluruh kafilah atas semangat dan partisipasinya dalam MTQ ini.

Ia juga menyampaikan kepada peserta untuk terus berlatih mempersiapkan diri menjadi duta perwakilan Luwu Timur di ajang MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan Mei mendatang.

Wakil Bupati menggarisbawahi agar semangat membaca dan memahami isi Al Quran tidak boleh tumbuh hanya dalam momentum MTQ, tapi harus dilantunkan, dihayati dan dimaknai dalam kehidupan sehari-hari.

“MTQ merupakan salah satu wadah bagi pemerintah untuk menumbuhkan sejak dini pembangunan berwawasan moral spiritual yang pada gilirannya diharapkan dapat melahirkan generasi qurani atau generasi yang dapat menjadi suri teladan bagi seluruh umat manusia,” ujar Wakil Bupati.

Menutup sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan bahwa, kesuksesan MTQ dan sambutan penuh keramah-tamahan masyarakat di Kecamatan Kalaena ini, akan menjadi kenangan yang tidak bisa dilupakan.

“Marilah kita jadikan momentum MTQ ini menjadi era kebangkitan generasi Qurani di Bumi Batara Guru Kabupaten Luwu Timur dalam rangka mewujudkan Luwu Timur Berkelanjutan dan Lebih Maju Berlandas Nilai Agama dan Budaya,” tutup Akbar.

Penutupan MTQ ini sekaligus mengumumkan pemenang kepada para kafilah dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Luwu Timur yang mengikuti perlombaan .

Dari hasil keputusan Dewan Hakim MTQ X Tingkat Kabupaten Luwu Timur Nomor 05/DH -MTQ/X/03/2024 tentang penetapan kejuaraan Umum MTQ X Tahun 2024 menetapkan jumlah pemenang sebanyak 131 dengan 46 kategori.

Untuk kategori Juara Umum diraih Kafilah Kecamatan Burau dengan total nilai 113 dengan rincian Juara pertama 15, juara kedua 10 dan juara ketiga 8.

Penyerahan piala bergilir diberikan langsung oleh Wakil Bupati, Mochammad Akbar Andi Leluasa didampingi Ketua Panitia, H.M. Siddiq BM. sekaligus Ketua Harian LPTQ Kabupaten Luwu Timur kepada Camat Burau, Akbar Bahar.

Turut hadir pada acara penutupan MTQ tersebut, Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin, Sekda Luwu Timur, H. Bahri Suli, Ketua Pengadilan Agama Malili, Rajiman, sejumlah Kepala OPD, Camat Kalaena, Marsuki dan para Camat se Kabupaten Luwu Timur serta undangan lainnya.

Berikut hasil lengkap peringkat kafilah pemenang lomba MTQ X Tingkat Kabupaten Luwu Timur Tahun 2024 sebagai berikut:

1. Kecamatan Burau, jumlah nilai 113
2. Kecamatan Kalaena, jumlah nilai 65
3. Kecamatan Wotu, jumlah nilai 44
4. Kecamatan Tomoni, jumlah nilai 43
5. Kecamatan Tomoni Timur, jumlah nilai 35
6. Kecamatan Nuha, jumlah nilai 24
7. Kecamatan Wasuponda, jumlah nilai 19.
8. Kecamatan Towuti, jumlah nilai 15
9. Kecamatan Angkona, jumlah nilai 14
10. Kecamatan Malili, jumlah nilai 14
11. Kecamatan Mangkutana, jumlah nilai 12.

(Rhj/Kominfo)