Dari Mana Sumber Kayu yang Mengotori Sungai Malili? Begini Penulusuran DLH Lutim

Daerah4 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Sejumlah Warga Luwu Timur mempertanyakan rongsokan kayu yang mengotori Sungai Malili. Hal ini direspon langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Luwu Timur.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lutim, Andi Makkaraka mengatakan, penelusuran di hulu sungai masih berlangsung. Tim sudah berada di area hulu sungai Pongkeru.

“Dari laporan tim I, sejauh ini sungai Pongkeru bersih. Tim akan melakukan penelusuran hingga ke aliran sungai di Sulawesi Tenggara,” kata Andi Makkaraka, Jumat, (23/02/24).

Menurutnya, Selain melakukan penelusuran di hulu sungai Pongkeru hingga ke aliran sungai di Sulawesi Tenggara. Sebagian personil melakukan pembersihan.

“Jadi kita masih menunggu laporan resmi dari tim,” tuturnya.

Ia mengatakan, Jika dalam proses penelusuran belum menemukan titik terang ungkapnya, maka penelusuran akan dilakukan melalui pantauan udara. Sebab aliran sungai ini memang dari Sulawesi Tenggara.

“Kita akan terbangkan drone kalau belum ada kejelasan. Yang jelas sekarang masih penelusuran sambil melakukan pembersihan bersama tim gabungan lainnya,” imbuhnya.

Tim yang bergerak saat ini, personil BPBD, Damkar, Satpol bersama masyarakat untuk mengangkut sampah kayu yang tergenang di aliran sungai Malili. Personil butuh perahu tambahan dan peralatan lainnya. (*)