Bumdes Baruga Siap Renovasi, BCC Siap Beroperasi

Penalutim.com, Luwu Timur – Menjadi perbincangan publik karena tidak produktif memberi manfaat karena tidak terkelolah. Baruga Collaboration Center (BCC) kini membawa angin segar. Kabarnya bulan depan tepatnya bulan Maret 2024 akan kembali beroperasi.

Pj Kades Baruga, Alamsyah menarget tempat wisata ini beroperasi Maret 2024.

“Sangat optimis, jika BCC bisa beroperasi bulan depan. Mengingat, segala pengurusan alas haknya sudah berproses,”kata Alamsyah,Kamis (22/02/24).

Menurut Sekretaris Camat Malili ini, saat ini prosesnya sedang menunggu kepastian kepemilikan aset.

“Jadi sisa menunggu kepastian kepemilikan aset. Selain itu Bumdes Desa Baruga yang akan mengelola juga siap melakukan renovasi,” tuturnya.

Alamsyah menguraikan, jika BCC dulunya dikelola oleh Bumdesma. Dimana ada tiga pemerintah tingkat desa atau kelurahan yang tergabung di dalamnya. Yakni Kelurahan Malili, Desa Baruga, dan Desa Balantang.

“Agar bisa beroperasi kembali, maka pengelolaannya harus dilakukan oleh Bumdes Desa Baruga terlebih dahulu. Insyaallah sebelum bulan puasa (Maret) sudah bisa beroperasi,” bebernya.

Tempat wisata ini ungkapnya sebelumnya cukup ramai dikunjungi masyarakat. Karena ada kendala, makanya BCC berhenti beroperasi.

“Masalah inilah yang sedang kita tuntaskan. Dan Bapak Bupati juga perintahkan agar BCC dimanfaatkan kembali. Makanya, segala keperluannya dilengkapi,” tutupnya.

Jika BCC kembali beroperasi, maka dimungkinkan UMKM akan banyak mengambil bagian. Ekonomi masyarakat Desa Baruga bisa meningkat. (*)