TNI AL Gagalkan Penyeludupan Sabu 4 Kg di Perairan Kembilik, Asahan

Nasional40 views

Penalutim.com, Luwu Timur TNI AL menggalkan penyeludupan narkoba jenis sabu seberat 4 kg di Perairan Kembilik, Kabupaten Asahan, Minggu (18/2).

Pengungkapan kasus ini bermula saat Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Asahan (TBA) melaksanakan patroli keamanan laut. Sesampainya di perairan Kembilik, Asahan, ditemukan sampan tanpa nama yang mencurigakan. Petugas lalu memberhentikan sampan tersebut dan melakukan pemeriksaan.

Di dalam sampan itu, ditemukan empat bungkus plastik yang berisi narkoba jenis sabu. Plastik hitam itu disembunyikan di bagian depan sampan di bawah kayu.

Sabu itu rencanannya akan diserahkan ke seseorang di Tanjung Balai.
Dalam kasus ini, petugas menangkap pelaku berinisial IS (47), asal Jawa Timur.

Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) Wido Dwi Nugraha menyampaikan saat konferensi pers bahwa “TNI AL akan senantiasa mendukung penuh upaya pemerintah dalam memerangi dan memberantas peredaran narkoba (war on drugs),” kata Wido dalam keterangannya.

Wido mengatakan, pelaku mengaku baru pertama kali menyeludupkan sabu dari Malaysia dan akan dibawa menuju Madura, Jawa Timur. IS dijanjikan imbalan sebesar Rp 50 juta rupiah perbungkusnya. Saat ini dia sudah menerima RP 7 juta rupiah.

Selanjutnya barang bukti dan pelaku diserahkan kepada Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara untuk dilakukan diproses lebih lanjut.