Pemkab Lutim Gelar Orientasi RKPD dan Renja Perangkat Daerah T.A. 2025

Daerah8 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) menggelar Orientasi RKPD dan Renja Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan Dokumen Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Luwu Timur Tahun Anggaran 2025 yang berlangsung di Aula Bapelitbangda, Rabu (31/01/2024).

Sekretaris Bapelitbangda, Dr. Syaifullah, MT. dalam sambutannya mengatakan, tujuan daripada orientasi ini guna menyatukan persepsi dan pemahaman antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Lutim yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan daerah.

“RKPD adalah singkatan dari Rencana Kerja Pemerintah Daerah. RKPD merupakan dokumen perencanaan yang disusun oleh pemerintah daerah untuk menetapkan prioritas dan program kerja dalam rangka mencapai tujuan pembangunan daerah,” ungkap Syaifullah.

“Orientasi Penyusunan RKPD dan Renja Perangkat Daerah Tahun 2025 merupakan rangkaian dari tahapan perencanaan pembangunan daerah yang bertujuan untuk penyamaan persepsi dan memberikan pemahaman kepada para peserta yang hadir untuk mengetahui tahapan dan sistematika dokumen agar dapat diselesaikan sesuai timeline waktu yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan dan dapat diselesaikan dengan kualitas yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” tambahnya.

Beliau berharap agar program-program yang diusulkan sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat oleh para stakeholder yang hadir dalam orientasi yang dilaksanakan pada hari ini.

“Mewakili kepala Bapelitbangda, saya berharap penyusunan RKPD tahun anggaran 2025 harus terprogram dengan baik dan berjalan sesuai harapan kita semua karena Rencana Kerja Pemerintah Daerah ini memiliki jangka waktu satu tahun dan menjadi acuan bagi penyusunan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahunan,” imbuhnya.

“RKPD mencakup berbagai aspek pembangunan, termasuk program-program yang akan dijalankan oleh pemerintah daerah dalam bidang pembangunan ekonomi, sosial, infrastruktur, lingkungan, dan sektor-sektor lainnya. Dokumen ini merupakan tahap awal dalam siklus perencanaan pembangunan daerah, yang kemudian akan dijabarkan lebih rinci dalam dokumen perencanaan lainnya,” tandas Syaifullah.

Turut Hadir para Sekretaris OPD lingkup Pemkab Lutim, Para Sekretaris Camat se Kabupaten Luwu Timur, Para Kasubag Perencana atau Staf Perencanaan dan Kepala Bidang Lingkup Bapelitbangda Lutim.(Red)