Sekda Lutim Bersama Wakil Ketua II DPRD Lutim Tanda Tangani Nota RPJPD

Daerah4 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Nota Kesepakatan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah ( RPJPD) Kabupaten Luwu Timur Tahun2025 – 2045, resmi ditanda tangani oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur bersama DPRD Kabupaten Luwu Timur saat Sidang Paripurna DPRD Lutim, Senin (15/01/2023).

Nota Kesepakatan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah ( RPJPD) ini dilakukan oleh Sekda Luwu Timur Bahri Suli mewakili Bupati Lutim dan H. Usman Sadik Wakil Ketua II DPRD Lutim.

Selanjutnya dokumen tersebut diserahkan ke DPRD untuk dibahas dan disesuaikan dengan program pemerintah Pusat.

RPJPD ini merupakan dokumen perencanaan strategis yang disusun oleh Pemerintah Daerah dan  digunakan sebagai landasan untuk mengarahkan dan mengatur pembangunan jangka panjang.

Pada dokumen RPJPD ini, menjabarkan visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan untuk periode 20 tahun mendatang.

RPJPD ini dirancang dalam 4 pentahapan pembangunan 5 tahunan, Tahap pertama, tahun 2025-2029 yakni Penguatan Pondasi, Tahap kedua, tahun 2030-2034 yakni Percepatan dan Akselerasi, Tahap ketiga, tahun 2035-2039 yakni Ekspansi.

Selanjutnya, Tahap keempat tahun 2040-2045 yakni Pemantapan dan Perwujudan.

”Meskipun hari ini DPRD Lutim sudah menerima dan menandatangani dokumen RPJPD, tetap saja pembahasannya menunggu APBN di ketuk Palu di Pusat. Kenapa demikian karena kita ingin menyingkronkan program pembangunan di daerah dengan di pusat. ” Kata Ir. Rahman. Anggota DPRD Lutim dari Fraksi PAN. (*)