Petani Keluhkan Kelangkaan Pupuk, Ini Penjelasan Dinas Pertanian Luwu Timur

Pena Ekonomi17 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Petani di Kabupaten Luwu Timur mengeluh atas ketersedian dan harga pupuk subsidi yang cukup tinggi.

Hal ini ditanggapi langsung oleh Dinas Pertanian Luwu Timur. Melalui Kepala Bidang Pengembangan Sarana dan Prasarana (PSP) Dinas Pertanian Luwu Timur, I Ketut Pasek, menyatakan bahwa ada penurunan alokasi pupuk subsidi karena pengurangan anggaran dari pusat.

“Dulunya kita memberikan 10 sak pupuk per hektar kepada petani, namun sekarang hanya kurang lebih 5 sak,” ungkap Ketut Pasek pada Senin, (15/1/2024).

Menurut Ketut Pasek, idealnya alokasi pupuk subsidi harus ditingkatkan, disertai dengan tata kelola yang baik, sehingga dapat diakses oleh masyarakat petani.

“Harus ditambah alokasi pupuk, tetapi tata kelola harus baik. Jika tidak, ada potensi penyelewengan yang tinggi, dan pengawasannya yang kurang baik akan percuma,” tegasnya.

Ia juga mengatakan, “Kelangkaan dan kenaikan harga pupuk subsidi menjadi isu serius bagi petani, yang merasa bahwa situasi ini dapat menghambat produktivitas mereka. Dengan adanya pemahaman dan koordinasi yang baik antara pemerintah dan petani, diharapkan solusi yang berkelanjutan dapat ditemukan untuk mengatasi tantangan ini,”tambahnya (RM).