Halsen, Sebut 3 Kepala Desa Lepas Jabatannya Untuk Mencalonkan diri Sebagai Caleg

Penalutim.com, Luwu Timur – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Luwu Timur menyampaikan 19 Kepala Desa mengakhiri masa jabatannya untuk periode 2017-2023.

“Ada sembilan belas Kades yang berakhir masa jabatan pada tahun 2023 ini,” ungkap Kepala DPMD Luwu Timur, Halsen, pada Kamis, (4/1/2024).

Menurut Halsen,  Tiga Kepala Desa dari periode 2019-2025 juga melepas jabatan mereka untuk mencalonkan diri sebagai calon legislatif.

Halsen menyebutkan Kepala Desa yang berakhir masa jabatannya yakni,  dari Kecamatan Wotu, Kepala Desa Lera, Balo-Balo, dan Pepuro Barat. Sementara di Kecamatan Burau, Kepala Desa Burau Pantai berakhir masa jabatan. Di Kecamatan Tomoni, Kepala Desa Tadulako dan Desa Bayondo mengakhiri jabatannya.

Semantara, Kecamatan Mangkutana Kepala Desa Wonorejo dan Desa Manggala, di Kecamatan Kalaena, Kepala Desa Pertasi Kencana dan di Kecamatan Tomoni Timur, Kepala Desa Kertaraharjo, Desa Cencana Hitam, dan Desa Cendana Hitam Timur.

Untuk di Kecamatan Malili, Kepala Desa Lakawali Pantai, Desa Ussu, Desa Balantang, Desa Baruga, Desa Wewangriu, dan Desa Pasi-Pasi, serta di Kecamatan Nuha, Kepala Desa Sorowako, mengakhiri masa jabatannya.

Tiga Kades yang berakhir masa jabatan periode 2019-2025 melepas jabatan untuk mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif, yaitu Kades Wonorejo Timur di Kecamatan Mangkutana, Kades Lamaeto di Kecamatan Angkona, dan Kades Ledu-Ledu di Kecamatan Wasuponda.

Sementara itu, tiga Kades yang periode jabatannya 2017-2023, namun mundur sebelum masa jabatan berakhir, juga memilih untuk maju sebagai Caleg. Mereka adalah Kades Lakawali Pantai di Kecamatan Malili, Kades Balantang di Kecamatan Malili, dan Kades Sorowako di Kecamatan Nuha.

Pilkades serentak, lanjut Halsen,  direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2024, setelah proses pemilu pada Februari 2024 mendatang. Dengan demikian DPMD Lutim akan melaksanakan tugas terkait pelaksanaan Pilkades serentak tersebut. (RM)