Bawaslu Lutim Laksanakan Sosialisasi Pengawasan Netralitas ASN, TNI Dan Polri Pemilu 2024

OkPenalutim.com, Luwu Timur-Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Luwu Timur (Lutim) menggelar sosialisasi pengawasan Netralitas ASN, TNI dan Polri dalam penyelenggaraan pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Lutim Pawennari dalam sambutanya, menekankan sebagai anggota Bawaslu harus menjujung tinggi profesional dalam menjalankan tugasnya.

“Saya mengingatkan anggota Bawaslu harus menjujung tinggi profesionalisme, dalam menjalankan tugasnya, karena ada aturan dan sanksi yang mengikat bagi setiap anggota Bawaslu”ungkapnya.

Pawennari lebih lanjut menuturkan, dalam pemilu ASN, TNI dan Polri juga di tuntut untuk Netralitas, sesuai dengan peraturan di masing masing instansi yang ada.

Dengan terjaganya netralitas yang ada, maka pemilu yang akan datang dapat di jamin keamanannya, yang paling utama netralitas ASN, TNI dan Polri.

Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu Hotel ternama di Lutim, Senin (11/12/2023) dan dihadiri unsur Forkopinda, ASN dan jajaran OPD di lingkup pemerintah kabupaten Lutim, serta pemateri Dr.Muhaemin,M.A, Direktur Pasca Sarjana IAIN Palopo.

Acara sosialisasi tersebut di buka Asisten Pemerintahan dan Kesra, Aini Endis Anrika mewakili Bupati Lutim.

Dia menuturkan ASN harus netral dalam pemilu, sesuai dengan undang-undang ASN, diman ASN dilarang terlibat dalam politik praktis atau terlibat sebaga salah satu tim sukses kandidat atau dari parpol tertentu.

“ASN tidak boleh terlibat dalam politik praktis, apalagi terlibat langsung sebagai tim pemenangan, salah satu kandidat atau parpol tertentu”Tegasnya.(DIN)