Upacara Peringatan HSP ke 95 di Lutim, Bersama Majukan Indonesia

penalutim.com, Luwu Timur – Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 Tahun 2023 mengusung tema, Bersama Majukan Indonesia yang bermakna membentuk stilasi barisan, manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna – warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan buday

Bupati Luwu Timur, H. Budiman, bertindak pembina upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023, tingkat Kabupaten Luwu Timur di Lapangan Merdeka Malili, Sabtu (28/10/2023)

Upcara ini diikuti unsur Forkopimda Lutim, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Lutim, Kepala OPD dan jajaran PNS, Kakan Kemenag, Jajaran TNI, Polri, para Pelajar dan organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Luwu Timur.

Bupati Budiman dalam membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, mengatakan momentum Hari Sumpah Pemuda, mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme, sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928, dengan melahirkan sebuah komitmen kebangsaan, yaitu bertumpah darah satu tumpah dara Indonesia, bertanah air satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna – warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia,” kata bupati Lutim.

Lanjut orang nomor satu di Bumi Batara Guru itu menuturka, Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda pemudi generasi muda Indonesia, seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama.

Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

“Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategi untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor” terangnya.

Bupati menjelaskan, momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini, sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita.

Usai Upacara HSP, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan Marching Band Gema Nada Nurul Junaidiyah Lauwo yang terdiri dari Pelajar dan Hafidz Qur’an Pondok Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo.

Pada kesempatan Marching Band Gema Nada Nurul Junaidiyah Lauwo tampil dengan tema “East Luwu Regent Budiman Childhood”, tema ini menceritakan perjalanan masa kecil bapak Bupati Luwu Timur berada di suatu desa menghabiskan masa kecilnya bersama teman-temannya, kemudian bersekolah hingga menjadi PNS dan menjadi seorang Bupati.

Marching Band ini juga akan mewakili Kabupaten Luwu Timur mengikuti kejuaraan Akkarena Marching Band Competition memperebutkan Piala Wakil Presiden RI tingkat Nasional di Makassar pada tanggal 3-5 November di GOR Sudiang Makassar.(DIN)