Vendor Nasional PT Vale Sengsarakan Buruh dan Kontraktor Lokal, Pemkab Lutim Turun Tangan

Daerah, Lutim326 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Eks Karyawan dan Vendor PT Petra Energy (Vendor Nasional PT Vale ) yang kedua kalinya lakukan aksi Unjuk Rasa (UNRAS) kepada PT Vale di pertigaan depan Tugu Nanas, Wasuponda, Rabu (25/10/2023).

UNRAS yang digelar di bawah komando Himpunan Pengusaha Wasuponda (HIPWAS) ini terlaksana dengan lancar, aman dan damai. Tidak ada aksi anarkis mulai dari awal pelaksanaan hingga mediasi terlaksana dan selesai dengan sejumlah kesepakatan bersama.

Mediasi yang berlangsung kali ini dihadiri oleh Jhoni Patabi selaku sekertarsi ketenagakerjaan Kabupaten Luwu Timur, Pemerintah Kecamatan Wasuponda yang mewakili Andrie, External PT Vale, Jemmy dan Mifta, Polres Lutim yang diwakili oleh Kapolsek Wasuponda, Yusmal Yunus, dan Darnramil Nuha.

Tiga poin tuntutan peserta UNRAS telah dibahas dalam pertemuan ini. Mulai dari hak buruh dan Invoice Vendor eks PT Petra Energi yang belum diberikan serta pengadaan fasilitas gratis air bersih untuk kecamatan Wasuponda.

Vendor Nasional PT Vale Sengsarakan Buruh dan Kontraktor Lokal, Pemkab Lutim Turun Tangan

Adapun sejumlah poin kesepakatan dalam mediasi tersebut, yakni :

  1. Pemerintah Kecamatan Wasuponda bersama Dinas Ketenaga kerjaan Kabupaten Luwu Timur akan menyurat ke pimpinan CMT PT Vale agar duduk bersama memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh Eks karywan dan Vendor PT Petra selaku Vendor Nasional PT Vale.
  2. Pemerintah kecamatan Wasuponda bersama PT Vale serta melibatkan masyarakat akan segera menindak lanjuti itikad baik PT Vale terkait pengadaan fasilitas gratis air bersih untuk masyarakat Kecamatan Wasuponda.
  3. Pemerintah kecamatan Wasuponda, PT Vale serta pihak Polres Luwu Timur menyarankan agar Eks Karyawan dan Vendor PT Petra melaporkan perkara ini ke kepolisian Polres Luwu Timur. (Mjr)