Setelah Menunggu 7 Bulan Penantian Usai Penetapan, Akhirnya Mohammad Andi Akbar Leluasa Segera Dilantik Jadi Wabup Lutim

Uncategorized123 views

penalutim.com, Luwu Timur – Setelah 7 bulan pasca ditetapkan sebagai Wakil Bupati Luwu Timur (Lutim) Terpilih, akhirnya Mochammad  Andi Akbar Leluasa Segera dilantik menjadi orang nomor dua di pemerintahan kabupaten Lutim, mendampingi bupati Budiman.

Jadwal pelantikan telah ditetapkan Pemprov Sulawesi Selatan melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Surat Keputusan (SK) pelantikan Wakil Bupati Lutim dari Mentri Dalam Negeri (Mendagri) telah kami jemput di Jakarta.

“SK pelantikan kami sudah jempu di Jakarta dari Kemendagri, Insya Allah pelantikan wakil bupati Luwu Timur dijadwalkan pada Kamis 5 Oktober pukul 14.00 wita di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulawesi Selatan,”ungkap Idham Kadir, Kabiro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprop Sulsel kepada Wartawan Selasa (03/10/2023).

Menurut  Idham, undangan pelantikan wakil bupati Luwu Timur pendamping Budiman tersebut akan segera diedarkan.

“Yang diundang unsur Forkopimda Luwu Timur, kepala OPD, pimpinan DPRD Luwu Timur serta instansi terkait lainnya. Hari ini undangan tersebut akan segera kami kirim”kata Idham.

Perlu di ketahui Nama Mochammad  Andi Akbar Leluasa merupakan putra dari politisi senior  partai Golkar  tana Luwu, mendiang  Andi Fachri Leluasa.

Adapun Andi Akbar Leluasa terpilih jadi Wakil Bupati Luwu Timur itu setelah mengikuti berapa tahapan yang cukup panjang dari Panitia Pemilihan (Panlih) DPRD Luwu Timur.

Dimana Sebelumnya, Panlih membuka pendaftaran Wakil Bupati Luwu Timur yang dimulai pada 28 April – 27 Mei 2022.

Adapun persyaratan yaitu  Calon wajib mengantongi Rekomendasi dari Partainya di tingkat  DPP, partai tersebut merupakan Partai Pengusung Husler- Budiman pada pilkada 2019  lalu. 

Pilkada 2019 lalu, pasangan Thoriq Husler-Budiman diusung 8 partai diantaranya, partai Golkar, PDI Perjuangan, Hanura, PAN, Gerindra, PKS, PKB dan PBB.

Setelah mengikuti rangkaian panjang, akhirnya Panlih menetapkan 2  Calon Wakil Bupati dari Partai Golkar.

Kemudian, Senin 6 maret 2023 lalu Panlih menggelar Pemilihan Wakil Bupati (Wabup) Lewat Rapat Paripurna DPRD Luwu Timur.

Paripurna saat itu dipimpin Ketua DPRD Lutim, Aripin  didampingi Wakil Ketua I , HM Siddiq BM dan Wakil ketua II, Usman Sadik.

Ada Dua calon yang akan dipilih yakni Akbar Andi Leluasa dan Muh.Taqwa Muller, Kedua Calon Wakil Bupati Luwu Timur ini merupakan Kader Golkar Terbaik.

Dalam pemilihan itu, Akbar berhasil meraih simpati 30 Anggota Dewan diputaran ke 2 dengan perolehan total  23 suara.

Perolehan suara ini jauh melebihi dari rivalnya Muh. Taqwa Muller yang hanya meraih 7 suara. Hasilnya, Akbar Andi Leluasa  terpilih sebagai wabup Luwu Timur sisa masa jabatan 2021-2026. 

Berikut profil singkat dan daftar riwayat hidup Wabup Lutim Terpilih.

Nama lengkap :  Mochammad Akbar Andi Leluasa, S. Sos.

Tempat tanggal lahir : Jakarta, 30 Agustus 1988

Jenis kelamin : Laki-laki

Agama : Islam

Nama Istri : Arbiyanti Febthavia

Pendidikan terakhir : S1

Pekerjaan : wiraswasta

Riwayat pendidikan :

SD Rawamulia

SD 07 Pengadengan

SMPN 154

SMA 55

Universitas Jayabaya

Mochammad Akbar Andi Leluasa telah dikarunia dua orang anak. Ia juga tercatata pernah mengikuti diklat pertahanan yang diselenggarakan oleh Lemhanaspada tahun 2012.

Dalam dunia politik, Akbar mengikuti jejak mendiang ayahnya  Fahri Andi Leluasa sebagai politisi  partai Golkar. Ia tercacat sebagai pengurus DPP partai Golkar dan pernah menyandang sekjen  DPP AMPI. Selain itu, dirinya juga pernah dipercaya sebagai Direktur Eksekutif Badan Saksi Nasional Partai Golkar (BSNPG).