Siswa SMAN 5 Lutim Gelar LDKS 2023, Pemred Penalutim.com di Undang Jadi Salah Satu Pemateri

penalutim.com, Luwu Timur – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Luwu Timur (Lutim) yang bertempat di Desa Tabarano, kecamatan Wasuponda, kabupaten Lutim, Sulsel, melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) 2023.

Kegiatan LDKS tersebut dilaksanakan di ruang kelas SMA Negeri 5 Lutim, berlangsung selama tiga hari, mulai Jum’at 21 September¬† sampai Minggu 24 September 2023, dihadiri peserta dari siswa dan siswi di sekolah tersebut dengan mengusung temah “Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berkarakter di Era Moderen”.

Dalam acara yang di selenggarakan itu melibatkan beberapa Narasumber sebagai pembicara, salah satunya Pemimpin Redaksi (Pemred) media penalutim.com Syaprudin T. Iladat, yang di undang sebagai pemateri di hari ke dua LDKS SMA Negeri 5 Lutim.

Materi yang dipaparkan yakni seputar peran pers, dalam dunia pendidikan serta peran pers dalam membangun negeri atau negara, serta membentuk mentalitas generasi Milenial yang berguna dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Syaprudin menjelaskan, pers berfungsi sebagai alat contro dalam program pembangunan dan jalannya roda pemerintahan di setiap negara, baik di tingkat pemerintahan pusat sampai tingkat desa.

Tugas pers sebagai sistim control bagi penegak hukum, dalam menerapkan hukum di masyarakat, maupun di pemerintahan agar tidak melenceng dari ketetapan hukum yang dijalankan.

Selain itu kata dia, dalam menjalankan tugas jurnalistik, profesi seorang jurnalistik dilindungi oleh undang-undang yang tertera pada undang-undang nomor 40 tahun 1999.

dalam mengakhiri materinya nahkoda penalutim.com itu berpesan kepada para siswa, agar dengan sungguh-sungguh dan seriu belajar sehingga bisa merai prestasi dan membanggakan orangtua serta para guru, sehingga bisa cepat tercapai apa yang di cita-citakan.

“Jaga diri hindari narkoba, jauhi pergaulan bebas yang dapat menggagalkan cita-cita dan masa depanmu, ingat orang tua kalian yang bekerja keras membanting tulang dengan cucuran keringat, demi mewujudkan apa yang kalian cita-citakan, buat bangga orangtua kalian”tandasnya.(DIN)