Mandegnya Wisata AJB, Kades: Lokasi Wisata AJB Masuk Kawasan Milik PT.AJM

Uncategorized191 views

penalutim.com, Luwu Timur- mandegnya tempat wisata Arung Jeram Balambano (AJB) desa Balambano, kecamatan Wasuponda, kabupaten Luwu Timur (Lutim) disebabkan lahan area wisata tersebut berada dikawasan PT. Angkasa Jasa Mulia (AJM).

Hal itu di ungkapkan kepala desa (Kades) Balambano, Muhammat Ronal pada penalutim.com, Jum’at (25/8/2023) di kantornya.

Ronal sapaan akrabnya menjelaskan, sebelumnya tempat wisata AJB sudah perna mendapatkan anggaran pengembangan wisa dari pemerintah desa melalui dan Corporate Social Responsibility (CSR) PT.Vale 2022 sebesar Rp.100 juta, yang pengelolaannya melibatkan kelompok tani damar beserta pemuda disekitar AJB.

Namun kata Ronal pada tahun 2023, tempat wisata AJB tidak dapat di anggarkan, dikarenakan lahan yang digunakan merupakan lahan milik PT.AJM yang statusnya masuk dalam kawasan perizinnya.

“tahun 2023 ini untuk anggaran wisata AJB, belum kami anggarkan, namun kami selaku pemerintah desa masi berupaya mencarikan solusi, dengan meminta izin atau rekomendasi dari perusahaan AJM, untuk pengelolaan tempat wisata yang ada”tuturnya.

Pihaknya tetap berupaya agar di tahun 2024, AJB dapat beroperasi kembali, serta bisa dianggarkan untuk pengembangan potensi wisata di desa Balambano, tentunya dengan sitem pengelolaanya akan di tangani BUMDes, dengan melibatkan warga sekitar.

Untuk memperkuat aturan pengelolaan Tempat Wisata AJB, pemdes Balambano akan segera membuat perdes wisata, sebagai payung hukumnya.(DIN)