Melalui Dana BKK 2023, Pemdes Pongkeru Percepat Program Pembangunan Desanya

Uncategorized221 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Percepatan pembangunan di desanya melalui sumber anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Pemerintah Desa (Pemdes) Pongkeru kecamatan Malili, kabupaten Lutim, propinsi Sulawsi Selatan ( Sulsel )Bangun sejumlah infrastruktur demi kepentingan umum di kalangan masyarakatnya.

Pembangunan fisik yang menjadi sasaran dana BKK, Pemdes Pongkeru mulai dari peningkatan lapangan olahraga, tahun 2023 pada tahap pertama.

Seperti yang diketahui bahwa dana BKK tersebut merupakan program dari bupati Lutim H. Budiman untuk satu milyar per desa.

Kepala Desa (Kades) Pongkeru Aksan S.H, saat ditemui media ini kantornya Kamis(3/8/2023) menuturkan, dirinya akan terus mengupayakan proses pembangunan infrastruktur di desanya,  apa lagi program yang menjadi bagian dari prioritas masyarakat.

“Satu kesyukuran bagi kami Pemerintah Desa (Pemdes) Pongkeru, dana BKK ini sudah cair pada tahap pertama, ini adalah permintaan dari masyarakat dimana pada prioritas pembangunan fisik itu yakni peningkatan lapangan olahraga”tuturnya.

Selain itu kata dia sarana olahraga, merupakan suatu kebutuhan bagi pemuda desa Pongkeru, mengingat kegiatan olahraga dikalangan pemuda merupakan aktivitas yang positif.

Tidak hanya itu adapun pembangunan sejumlah infrastruktur lain yang dianggarkan oleh Pemdes Pongkeru, melalui dana BKK yakni pembangunan bedah rumah 10 unit, pengadaan lampu jalan tenaga surya sebanyak 10 unit, bantuan rumah ibadah 3 unit, iuran internet di area publik, penyelenggaraan PAUD dan kanopi TK.

Aksan lebih lanjut memaparkan, selain  kegiatan pembangunan fisik yang di anggarkan tahun 2023, adapun program dana BKK yang  peruntukkan di pemberdayaan dan biaya operasional.

Pemberdayaan dan biaya operasional yang meliputi pembayaran insentif petugas keagamaan, pembiayaan mitigasi bencana, peningkatan kapasitas PKK, bantuan tahfidz, pelatihan Bumdes dan penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Selain itu biaya operasional yang meliputi, tunjangan BPD, peningkatan kapasitas aparat desa dan operasional kepala desa.

Pemdes Pongkeru akan terus berupaya meningkatkan pembangunan di desa dan menjadi desa mandiri, serta melibatkan masyarakat  dalam mengambil keputusan apa yang menjadi kebutuhan darinya.

Ia menekankan kepada aparatnya, sebagai pengguna anggaran  agar selalu berhati hati dalam menggunakan anggaran tersebut.

Dengan mengikuti regulasi yang ada, tidak melenceng dari aturan dan transparan serta tepat sasaran pada peruntukkan dana yang kelolah.

Dirinya juga tak lupa mengucapkan terimakasih, kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Lutim H. Budiman.

“Terimakasih kepada bapak bupati yang sudah memberikan dana BKK ini, mudah mudahan dengan adanya bantuan ini masyarakat kami bisa sejahtera, bisa merasakan langsung manfaatnya, serta masyarakat yang hidup rukun dan damai.” tutup Aksan.(ED)