Hari Purnomo Gantikan Gatot Suprabowo Sebagai Dirut Jamkrindo Syariah

Pena Ekonomi38 views

Penalutim.com, Jakarta – PT Penjaminan Jamkrindo Syariah (JamSyar) mengangkat Hari Purnomo sebagai Direktur Utama (Dirut), melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), pada Jumat (27/7).

Hari Purnomo mengantikan Gatot Suprabowo yang telah menjabat hampir dua periode. RUPSLB juga mengangkat Loesdarwanto menjadi Direktur Operasional (Dirops) menggantikan Achmad Sonhadji.

Dari jajaran komisaris, M. Syakir Sula juga digantikan oleh Alie Basya Syamsudin, sedangkan Edy Utomo menjabat sebagai Komisaris Independen menggantikan Wildan. Keputusan pergantian jajaran direksi tersebut berlaku sejak Jumat, 21 Juli 2023 pukul 18.30 WIB

“Diharapkan dengan pengalaman dan wawasan beliau dalam industri keuangan dapat membimbing dan menghantarkan perseroan kepada pencapaian-pencapaian lainnya di masa mendatang,” tulis manajemen Jamsyar dalam keterangan pers yang diterima redaksi telegraf, Sabtu (22/7).

Sebagai informasi, JamSyar adalah perusahaan penjaminan berbasis syariah yang didirikan pada tahun 2014. Di tahun 2023 atau tahun ke-9, di Semester I, Total Aset JamSyar adalah sebesar 2,45 triliun Rupiah dan laba bersih sebesar 85,41 milyar Rupiah. Dari sisi bisnis, pada periode tersebut JamSyar membukukan pendapatan Kafalah sebesar Rp 228,72 miliar dan volume penjaminan sebesar Rp 15,3 trilyun.

Apabila dibandingkan dengan market size Penjaminan Syariah berdasarkan data IKNB Syariah OJK ter-up date (per Maret 2023), Total Aset, Laba, Imbal Jasa Kafalah Jamsyar dibandingkan dengan data yang sama seluruh industri penjaminan syariah di Indonesia, bertutut-turut adalah sebesar 46,49.%, 44,84% dan 44,97%. (Di)