Pemdes Wewangriu Bersama BPD Laksanakan Musdes RKP 2024

 

Penalutim.com, Luwu Timur -pemerintah desa (Pemdes) Wewangriu kecamatan Malili, kabupaten Luwu Timur (Lutim) propinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) melaksanakan, musyawarah desa (musdes), terkait perencanaan pembangunan tahunan dalam rangka penyusunan Rapat Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dikantor Desa Wewangriu dan dihadiri beberapa lembaga desa diantaranya, Ketua BPD, Tokoh Masyarakat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, anggota BPD, Ketua Pemuda, Karang Taruna, Kepala Sekolah, Kepala TK, perangkat Desa, serta tokoh masyarakat lainnya, selasa (18/07/2023).

Hasil pantauan media ini di agenda musdes penyusunan RKP Desa Wewangriu tersebut, RKP dilakukan untuk merancang kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2024, setela itu peserta Musdes bersama sama akan mencermati, apa saja yang ada didalam RKP Desa.

Selain itu Berkaitan dengan RKP tersebut, peserta akan melakukan berbagai tanggapan dan usulan-usulan program kerja baik yang belum tercantum, maupun sudah terealisasi pada tahun 2023 dan akan diajukan kembali pada anggaran 2024.

Peserta musdes yang hadir akan menyepakati beberapa hal yang menjadi kesepakatan akhir dari hasil musdes tentang perencanaan pembangunan desa tahun 2024.

(1) pembentukan tim penyusun RKP desa  tahun 2024, (2) evaluasi pelaksanaan RKP desa tahun 2023, (3) penyampaian aspirasi oleh BPD, (4) pembentukan Tim verifikasi, (5) penetapan tim penyusun dan tim verifikasi.

Di tempat yang sama, Budiman kepala desa Wewangriu mengatakan usai RKP kepada media ini mengatakan, kegiatan musdes pada perencanaan pembangunan desa wajib dilaksanakan,  dikarenakan desa juga butuh proses untuk menyatukan pendapat, sehingga kegiatan pembangunan di desa dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.

“ada beberapa bidang yang akan menjadi acuan, untuk dituangkan dalam RKP desa ditahun anggaran 2024, diantaranya, Bidang Kesehatan, Pendidikan, Pemberdayaan dan Lain-lainnya”jelas Budiman.(ED)