Hingga Tahun 2022, Disparmudora : 60 Objek Wisata di Lutim Terkelola

Penalutim.com, Luwu Timur – Perkembangan sektor pariwisata di wilayah Kabupaten Luwu Timur (Lutim) tergolong cukup pesat. Pemerintah Daerah (Pemda) Lutim melalui Dinas Pariwisata Kepemudaan Dan Olahraga (DISPARMUDORA) mengungkapkan ada sekitar 60 destinasi wisata di Lutim pada tahun 2022.

Seperti yang diungkapkan Hendro, selaku Kepala Bidang Kemitraan dan Pengembangan Destinasi Pariwisata

“Dari sekitar obyek wisata yang sudah dikelola baik itu dari Pemda, Pemdes dan juga swasta, ada sekitar 60 destinasi obyek wisata yang dikelola di tahun 2022,” ungkapnya, Kamis (22/06/2023).

Sementara itu peraturan terkait pajak daerah dan retribusi daerah untuk satu Indonesia ini meliputi kabupaten/kota pemerintah daerah belum melakukan penarikan retribusi. Hal ini karena belum adanya Perda yg dibuat.

“Sementara untuk pembuatan Perdes melalui pemerintah desa yang dikelola oleh Bumdes itu sudah ada, contohnya pengelolaan obyek wisata Laa Waa yang ada di Matano, ungkap Hendro.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif, Hasrah Tang juga mengungkapkan, “Alhamdulillah setelah pandemi covid 19 ini, terkait pemasaran dan pengembangan obyek wisata, walaupun dalam kategori wisatawan lokal, hampir semua obyek wisata di Lutim ini para pengunjungnya itu sudah ramai, apalagi di saat weekend”.

Contoh, lanjutnya, yang ada di Pantai Ujung Suso Desa Mabonta Keamatan Burau, panorama yang eksotik dengan pantai pasir unik yang berwarna hitam menjadi daya tarik wisata itu sendiri, dan membuat wisatawan lokal yang berkunjung menikmatinya.

Hasrah juga menambahkan bahwa selain mengembangkan obyek wisata tersebut, pihaknya juga membantu untuk mempromosikan melalui media yaitu Instagram, Facebook, Youtube, Whatsapp, dan media sosial lainnya.

“Contoh yang sekarang lagi viral Arung Jeram Balambano (AJB) walaupun belum dapat izin dari pemerintah tapi itu sudah ramai dikunjungi oleh para wisatawan dan itu sangat luar biasa,” tuturnya.

Kami, lanjutnya, juga sangat berterima kasih kepada teman teman baik itu dari media yang sudah mempublikasikan potensi wisata yang ada di Lutim ini. (Ed)