Ciptakan Pemilu Aman, Ketua Bawaslu : Peran Media Masa Sangat Penting

Pena Politik18 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Tahapan pemilu 2024, khususnya pemilihan legislatif mulai dari tingkat pusat hingga daerah kabupaten kini telah berlangsung. Sejumla Partai Politik peserta pemilu telah menyodorkan para kader berkualitasnya kepada penyelenggara pemilu untuk mengikuti pertarungan politik yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari tahun 2024 di setiap daerah seperti di Kabupaten Luwu Timur.

Pertarungan politik di setiap pemilu yang telah berlalu. Telah nampak dihadapan publik dinamika pertarungan politik yang mengusik kenyamanan publik. Hal ini tak lain karena di era digital ini telah tersedia sarana komunikasi penyampai informasi kepada publik yang begitu bebas. Informasi kebencian, Hoax, Fitnah begitu ramainya di Media Sosial seperti Facebook, Whatsapp, Instagram, Youtube dan lain sebagainya yang telah berhasil memicu perpecahan dikalangan masyarakat awam.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur (Lutim) Rachman Atja, mengatakan “Terciptanya Pemilu Aman, Nyaman dan Sukses tidak lepas dari peran media massa dan awaknya, hal itu di ungkapkannya kepada Penalutim.com, Selasa (20/6/2023) di Kantornya.

“Saya sangat berharap kepada teman- teman media, sebagai corong informasi publik, agar dapat bersama-sama menjaga keamanan serta menyajikan informasi positif kepada masyarakat, terkait kegiatan pemilu ini. Dengan adanya partisipasi awak media, kegiatan pemilu kedepan dapat berlangsung dengan aman dan damai,” ungkapnya.

Dia berharap informasi dari media masa menjadi tolok ukur guna menepis informasi hox dari oknum yang tidak bertanggungjawab.

Untuk itu, lanjutnya,  peran media masa dan awaknya sangat penting dalam kelancaran jalannya proses pesta demokrasi.

Apalagi menurutnya, dengan era digital, banyak informasi dihembuskan oknum tidak bertanggungjawab ke media sosial yang dapat memecah persatuan di kalangan masyarakat.

“Disinilah peran media dalam menghalau dan mematahkan informasi hox tersebut, dengan pemberitaan yang fositif dan bertanggungjawab. Sehingga, pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar serta memberikan kenyamanan dan ketentraman bagi masyaraka,” Tandasnya. (Din)