Banjir, Bupati : Sungai yang Tersumbat Segera Benahi, PT Vale Ikut Terlibat

Daerah, Lutim105 views

Penalutim.com, Luwu Timur – Sejumlah rumah warga terendam banjir di Dusun Balambano Indah, Desa Puncak Indah, Malili, Kabupaten Luwu Timur, Minggu (2/4/2023).

Banjir ini terjadi akibat dari Curah hujan yang cukup tinggi sehingga  aliran Sungai Tula-Tula meluap.

Mendengar hal tersebut, Bupati Luwu Timur, Budiman Hakim, langsung ke lokasi banjir. Bermaksud ingin memastikan agar aliran sungai yang tersumbat segera dibenahi.

Hal ini telah disampaikan juga kepada Asisten Ekonomi dan Pembangunan, PUPR, Camat Malili, dan pihak Manajemen PT Vale Indonesia Tbk (PTVI  untuk segera melakukan pembenahan.

Budiman Hakim saat didampingi oleh Camat Malili, Nasir DJ meminta agar perbaikannya tidak ditunda. Apalagi, daerah ini kerap menjadi titik rawan banjir. Alhasil, pihak Pemda dan PTVI langsung menggelar rapat koordinasi di rumah warga setempat.

Nasir DJ mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi sesuai arahan Bupati, perbaikan langsung dilaksanakan. Ada empat poin yang akan dituntaskan tahun ini.

“Bulan Juli tahun 2023 PTVI Tbk akan melaksanakan pergantian Box Culver sesuai dengan kondisi debit air tertinggi,” kata Nasir menyampaikan poin pertama hasil rapat kordinasi.

Poin kedua, pergantian Box Culver tersebut akan menambah tinggi badan jalan di atas box culvrt sekitar 50 cm sepanjang 100 meter sebelum dan sesudah BC.

“Hari ini Minggu, 2 April 2023 akan dilakukan pengerukan di Inlet Box Culver sampai pemukiman warga oleh Alber Excavator PTVI Tbk,” ungkapnya.

Terakhir poin ke empat, bronjong atau penguatan tebing sungai akan dianggarkan pada APBD perubahan 2023. “Besok akan di survei oleh tim PUPR,” imbuh Nasir.

 

Peliput : Netizen

Editor : Redaksi

Foto : Netizen